cara mengobati wasir

Cara Mengobati Wasir Secara Alami

Cara Mengobati Wasir Secara Alami yang Mudah dan Aman โ€“ Wasir atau ambeien, merupakan sebuah penyakit yang muncul pada bagian anus, tepatnya pada bagian saluran anus. Munculnya benjolan ambeien dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, termasuk salah satunya adalah posisi duduk yang salah.

Selain itu, seseorang yang mengalami obesitas (kegemukan) mereka juga akan lebih beresiko terkena wasir 2 kali lipat dari pada orang normal. Apabila dibiarkan, wasir akan berubah menjadi tumor jinak, lama kelamaan tumor jinak tersebut akan berkembang menjadi ganas dan bahkan kanker.

Untuk menyembuhkan ambeien sebenarnya ada banyak sekali cara, mulai dari operasi pembedahan sampai dengan konsumsi obat kimia. Namun apabila benjolan masih kecil (belum parah), Anda dapat melakukan beberapa cara mengobati wasir secara alami yang aman dan mudah berikut.

Cara Mengobati Ambeien (wasir) Secara Alami Dengan Mudah

  1. Kulit manggis

Ekstrak manggis sekarang ini sudah cukup populer sekali di kalangan masyarakat, terlebih dengan keluarnya beberapa produk ekstrak manggis di pasaran.

Manggis mengandung senyawa antioksidan bernama xanthones, kandungan antioksidan ini dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Atau dengan kata lain senyawa tersebut baik mencegah pertumbuhan sel kanker pada bagian benjolan wasir Anda.

Selain membantu mencegah kanker, konsumsi air rebusan ekstrak kulit manggis dipercaya juga mampu mengurangi efek peradangan di sekitar area bejolan tersebut. Seperti mengurangi rasa nyeri, perih, meradang, dan lainnya.

Cara mengatasi wasir dengan kulit manggis:

– Pertama siapkan kulit manggis yang sudah dikeringkan (secukupnya)

– Kemudian rebus kulit manggis kering tersebut sampai mendidih dan air rebusannya tinggi sedikit.

– Saring air rebusan tersebut, lalu konsumsi secara rutin maksimal 2 kali dalam sehari.

  1. Daun sirsak

Hampir mirip dengan manfaat ekstrak manggis, daun sirsak juga cukup berkhasiat untuk mengobati ambeien yang sedang Anda derita. Hal tersebut dapat terjadi karena daun sirsak mengandung senyawa antibakterial dan anti-tumor.

Dengan konsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin, tidak hanya wasir akan sembuh, tetapi kesehatan tubuh Anda juga akan semakin terjaga. Sebab dalam daun ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat menangkal berbagai macam serangan penyakit berbahaya.

Cara menyembuhkan ambeien dengan daun sirsak :

– Siapkan daun sirsak sebanyak 9 lembar dan 3 gelas air matang

– Rebus daun sirsak tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja.

– Saring air rebusan tersebut dan konsumsi secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

  1. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat sangatlah baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Dengan sistem pencernaan yang lancar, maka wasir akan sembuh lebih cepat dan mudah secara alami.

Ada banyak sekali makanan berserat yang dapat Anda konsumsi, mulai dari buah pepaya, buah alpukat, buah jambu biji, buah jeruk, dan lain sebagainya. Pastikan setiap hari Anda mengonsumsi makanan berserat.

  1. Jaga kebersihan dan hindari menahan BAK/BAB

Benjolan wasir Anda sangat rentan terhadap pengaruh kuman ataupun bakteri, semakin kotor bagian anus Anda maka infeksi wasir akan semakin beresiko. Maka dari itu rajinlah menjaga kebersihan bagian tersebut.

Selain menjaga kebersihan, kami sarankan agar Anda tidak menaham buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Sebab ketika menahan, otot pembuluh darah pada bagian benjolan wasir akan sangat beresiko pecah. Bahkan bisa menyebabkan munculnya pendarahan.

Itulah sajian informasi mengenai cara mengobati wasir secara alami. Semoga dapat menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba dan sampai jumpa. ๐Ÿ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *