Cara Mengusir Tikus yang Ampuh Secara Alami

Sipendik.com – Tikus merupakan salah satu hama atau vektor yang keberadaannya sangat mengganggu dan dapat menimbulkan banyak kerugian. Selain mengakibatkan kerusakan perabot rumah keberadaan tikus juga dapat membawa penyebab penyakit seperti E. Coli, Tuberculosis, Salmonella. Tikus juga membawa pinjal, tungau, ataupun kutu yang dapat mengakibatkan reaksi alergi akut. Untuk memastikan apakah di rumah Anda terdapat tikus atau tidak sebaiknya Anda mengenali ciri – ciri keberadaan tikus seperti suara garukan yang biasanya di dinding atau di bawah lantai, adanya kotoran tikus yang berwarna gelap dan meruncing, terdapat bau yang menyengat seperti ammonia terutama pada daerah yang tertutup seperti almari, ditemukannya kerusakan pada perabotan yang terbuat dari bahan kayu dan plastic, adanya lubang di tanah atau halaman untuk persembunyian tikus terutama pada tumpukan kompos. Tikus merupakan salah satu hewan nocturnal yaitu hewan yang aktif atau beraktivitas dimalam hari. Jika di rumah Anda terdapat ciri – ciri seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu melakukan pengendalian dengan menerapkan cara mengusir tikus dalam rumah dengan menggunakan bahan alami yang dipastikan lebih aman dan tidak membutuhkan biaya mahal. Kali ini sipendik akan memberikan beberapa tips cara mengusir tikus yang bisa Anda coba di rumah. Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

  1. Kulit durian

    Bau yang sangat menyengat tidak di sukai oleh tikus, sehingga gunakan kulit durian untuk mengusir tikus yang ada di dalam rumah Anda. Taruh kulit durian ini di dalam ruangan yang sering dilalui tikus atau lubang – lubang tempat persembunyian tikus. Dengan bau menyengat yang dihasilkan oleh kulit durian maka bisa dipastikan tikus akan kabur dari dalam ruangan.

  2. Peppermint

    Buat larutan peppermint dengan cara mencampurkan daun papppermint beberapa ikat dengan air, larutkan kemudian ambil sari – sarinya. Setelah itu semprotkan larutan peppermint atau mentol ke tempat – tempat atau jalur yang biasa dilalui tikus.

  3. Cuka apel

    Cuka apel dapat digunakan untuk mengusir tikus di dalam ruangan secara efektif dan mudah untuk dipraktekan. Caranya yaitu buatlah campuran cuka apel dengan air secukupnya lalu semprotkan di area yang menjadi tempat persembunyian tikus serta daerah yang sering dilalui tikus. Lakukan penyemprotan secara rutin setiap hari agar tikus kabur.

  4. Buah mengkudu atau pace

    Buah mengkudu memiliki bau yang menyengat serta tidak sedap sehingga sering digunakan untuk pengusir tikus karena bau yang ditimbulkan. Cara menggunakannya cukup dengan mengiris – iris buah mengkudu menjadi 5 – 6 bagian. Letakkan potongan buah mengkudu pada tempat persembunyian tikus.

  5. Pelihara jangkrik di rumah

    Tikus merupakan salah satu hewan yang tidak menyukai bunyi atau keramaian. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa dengan memelihara jangkrik di rumah karena bunyi jangkrik di malam hari bisa untuk menakut – nakuti tikus.

Itulah tadi tips cara mengusir tikus yang ampuh secara alami tanpa merusak lingkungan sekitar. Cara ini bisa Anda coba di rumah untuk mengusir tikus yang banyak menimbulkan kerugian. Selain menggunakan bahan – bahan alami Anda juga bisa menggunakan perangkap tikus. Menurut penelitian cara mengusir tikus paling ampuh bisa dengan menggunakan kelapa bakar, kelapa bakar memiliki bau yang sedap serta rasa yang di sukai tikus. Anda bisa menggunakan kelapa bakar untuk umpan dengan cara taruh kelapa bakar di dalam perangkap tikus yang akan Anda gunakan. Selamat mencoba.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *