cara meningkatkan konsentrasi

Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Mudah

Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Mudah – Salah satu kunci hidup sukses adalah fokus atau konsentrasi. Dengan adanya konsentrasi tinggi ketika kita mengerjakan sebuah pekerjaan, maka kita akan mendapatkan hasil secara maksimal.

Namun sayang sekali, banyak orang yang mengalami kesulitan ketika berkonsentrasi, terutama bagi mereka yang sedang dirundung masalah. Nah berikut ini sipendik sampaikan beberapa cara meningkan konsentrasi dengan mudah yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

Cara Mengotimalkan Konsentrasi Dengan Mudah

  1. Sediakan waktu khusus untuk melamun

Melamun merupakan aktivitas yang dapat membuat konsentrasi Anda menjadi buyar. Biasanya orang yang banyak melamun adalah seseorang yang sedang diselimuti dengan masalah. Meskipun hanya sepele, tetapi jika melamun tidak segera Anda atasi, konsentrasi sulit untuk dibentuk.

Anda bisa memberikan waktu khusus untuk melamun, misalkan 30 menit sebelum tidur ataupun 2 jam sebelum melakukan pekerjaan. Dengan demikian, pikiran Anda akan semakin fokus kerja.

  1. Ingatlah untuk beristirahat

Istirahat sangatlah penting untuk meningkatkan daya konsentrasi pikiran Anda. Minimal luangkanlah waktu 5 menit setiap melakukan pekerjaan dengan fokus tinggi 1 jam.

Dengan melakukan istirahat sejenak, maka otak akan kembali menjadi rileks dan daya konsentrasipun bisa Anda dapatkan secara maksimal.

  1. Selesaikan 1 pekerjaan dulu

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang haus dengan pekerjaan, mereka ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan cepat meskipun melebihi kapasitasnya.

Memang mengerjakan lebih dari 2 pekerjaan itu akan cepat selesai, akan tetapi untuk hasilnya tidak mungkin akan maksimal. Sebab ketika mengerjakan banyak pekerjaan, otak Anda tidak bisa terfokus.

  1. Lakukan meditasi

Cara meningkatkan fokus selanjutnya adalah dengan meditasi. Kegiatan ini bukan soal “mengosongkan pikiran” akan tetapi lebih tepatnya “memusatkan pikiran dalam 1 hal”.

Apabila Anda bisa melakukan meditasi tersebut dengan baik dan bahkan menjadi kebiasaan rutin, saya jamin tingkat konsentrasi Anda akan semakin tinggi.

  1. Konsumsi banyak air putih

Menurut para ahli, air putih sangatlah berpengaruh terhadap fokus dan konsentrasi Anda. Hal tersebut terjadi karena air putih mampu melancarkan distribusi oksigen keseluruh bagian tubuh kita, termasuk salah satunya ke bagian otak.

Dengan demikian, konsentrasi yang Anda miliki pun akan semakin meningkat. Usahakan konsumsi air putih minimal sehari sebanyak 8-10 gelas, lebih banyak itu akan lebih baik lagi.

  1. Rutin melakukan liburan

Selain bermanfaat untuk melepas stres, liburan ternyata juga cukup baik untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Banyak ahli psikolog berpendapat bahwa liburan dapat membuat otak lebih fresh dan siap mengerjakan sebuah pekerjaan dengan lebih terfokus.

Ada baiknya Anda melakukan liburan secara rutin setiap beberapa bulan sekali. Ajaklah teman atau keluarga agar liburan Anda semakin menyenangkan dan bermakna.

  1. Buat sebuah komitmen

Inilah cara meningkatkan daya konsentrasi yang harus Anda tanamkan selalu. Yup komitmen, mungkin mudah sekali mengucapkan kata tersebut, namun kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum bisa membangun komitmen mereka.

Bagi Anda yang ingin memiliki konsentrasi yang tinggi, silahkan tanamkan komitmen yang kuat bahwa Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut pada jam ini juga, serta berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak melakukan aktivitas lain.

Itulah beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Silahkan terapkan cara-cara diatas dengan baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga informasi singkat diatas bisa menjadi sumber referensi bermanfaat bagi Anda, salam. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *