Cara Meningkatkan Penjualan Online di Media Sosial

Ilustrasi - penjualan melalui media sosial

Sipendik.com – Salam jumpa kembali dengan sipendik, kali ini kami akan mengulas lebih lengkap mengenai Cara Meningkatkan Penjualan Online di Media Sosial . di Media SosialSekarang ini media sosial sudah menjadi hal yang umum bagi masyarakat, baik tua, muda semua memakai media sosial. Hingga sering kali kita mendengar celotehan anak muda yang berkata “hidup tanpa media sosial bagaikan makan sayur tanpa garam” alias hidup terasa hambar, mungkin itu hanyalah celotehan anak alay 😀 .

Oke lanjut, Tahukah Anda apa saja yang dilakukan oleh orang-orang ketika sedang memakai sosial media?
Berdasarkan Empathica, ada beberapa hal yang dilakukan orang-orang dalam sosial media antara lain ;

  • Stalking-stalking alias sekadar melihat status dan foto teman
  • Mengupdate status di halaman profilnya
  • Memasukkan foto maupun video
  • Membuat beberapa rekomendasi untuk teman maupun kerabat
  • Mengomentari status atau foto teman/kerabat
  • Sekadar mengikuti kuis ataupun polling
  • Hanya sekadar main game

Berdasarkan poin-poin di atas bisa kita tarik sedikit kesimpulan, supaya produk barang atau jasa Anda bisa dikenal oleh orang yang banyak, maka kita perlu menempatkan produk/brand kita di status orang. Namun terkadang hal ini bisa sedikit mengganggu teman Anda bila tidak berkenan terhadap produk yang Anda tawarkan. Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara meminta rekomendasi dari teman terdekat untuk memberikan testimoni yang kemudian bisa Anda forward melalui jejaring sosial Anda.

Tahukah Anda, pengguna Internet di Indonesia saat ini mencapai 82 juta. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar ke-8 di dunia, sebuah angka yang fantastis bukan. Angka ini tiap tahun bisa bertambah seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Apakah Anda yakin dengan media sosial dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan?

Perusahaan Komputer ternama yaitu Dell memakai account twitter nya @delloutlet yang telah memiliki jutaan follower, melakukan sebuah penjulan di sosial media yaitu dengan cara memberikan diskon khusus pada beberapa produk Dell. Adapula produk terkema semacam smartphone Samsung juga getol melakukan menjualan produknya via sosial media. Jadi, sebenarnya kita bisa berjualan via media sosial. Namun yang perlu Anda perhatikan contoh-contoh yang kami sampaikan di atas adalah sebuah brand ternama yang sudah banyak dikenal oleh konsumen. Bagaimana dengan produk kita yang baru dirintis? Apakah bisa kita menjualnya melalui media sosial?

Di bawah ini sipendik akan mengulas tentang cara atau trik yang bisa Anda terapkan untuk mengkatkan penjualan melalui media sosial baik itu produk/jasa baru dirintis maupun untuk produk yang sudah lama.

Langkah-langkah Meningkatkan Penjualan Online di Media Sosial

1. Pertama, Kenali dan Cintai Produk Jualan Anda

Tak kenal maka tak sayang, slogan tersebut tepat bagi Anda untuk mengukur sejauh mana Anda mengenali dan mencintai produk jualan Anda. Berikut ini daftar pertanyaan yang bisa Anda jawab terkait kecintaan Anda terhadap barang/jasa

  • Apakah produk barang/jasa yang Anda tawarkan merupakan pioner?
  • Apakah produk barang/jasa yang Anda tawarkan merupakan yang paling unggul/terbaik?
  • Apakah produk barang/jasa yang Anda tawarkarkan memiliki sebuah keunikan?
  • Apakah produk barang/jasa yang Anda tawarkarkan berkualitas?
  • Apakah produk barang/jasa yang Anda tawarkarkan mahal atau murah?
  • Apakah produk barang/jasa yang Anda tawarkarkan pelayanannya cepat?

Dengan mengetahui kharakteristik produk barang/jasa jualan kita, maka Anda akan terlihat professional dalam sudut pandang calon konsumen Anda. Tentunya kita pernah berhadapan dengan seorang penjual yang kurang bisa menguasai kharakteristik produknya, hal ini bisa membuat konsumen menjadi tidak yakin terhadap produk barang/jasa yang Anda tawarkan, sama halnya dengan penjualan produk di media sosial.

2. Kenali Kharakteristik Produk Kompetitor

Jangan sampai Anda hanya melihat dan memperhatikan produk Anda sendiri tanpa mengalisis kharakteristik yang ditawarkan oleh produk kompetitor. Dengan melihat kompetitor, Anda bisa menentukan strategi penentuan harga, market yang Anda target. Dengan adanya kompetitor kita diharuskan terpacu untuk lebih melakukan promosi penjualan yag lebih baik dibandingkan mereka. Melalui media sosial tentunya kita bisa dengan mudah memantau segala aktivitas penjualan yang dilakukan oleh kompetitor.

3. Tentukan Market yang Kita Target

Sebelum Anda memulai bisnis penjualan di media sosial, tentunya Anda sudah harus menentuka target market kita, apakah itu untuk pria atau wanita, tinggal di kota atau negara mana, pekerjaannya apa, sehingga promosi penjualan Anda bisa tetap sasaran. Anda bisa memakai fitur facebook adverts untuk menjangkau target market kita berdasarkan kota, negara, bahasa, jenis kelamin, tempat kerja, pendidikan dan lain sebagainya.

4. Informasikan produk Anda Sejelas Mungkin

Apakah Anda pernah berkunjung ke sebuah web, facebook atau twitter yang mempromosikan produknya namun tidak menyertakan alamat e-mail, nomor telepon atau alamat yang lengkap? Jadi Anda jangan sampai lupa untuk menyertakan informasi penting, agar calon konsumen lebih mudah menghubungi kita. Jika Anda mempromosikan melalui media website atau blog sebaiknya menampilkan widget yahoo messenger guna memberikan kemudian calon konsumen untuk berkomunikasi.

5. Pasang Tampilan yang Menarik

Ketika Anda ingin bertemu pasangan Anda, tentunya Anda berusaha tampil menarik untuk menyenangkan perasaan pasangan. Hal yang sama juga berlaku pada tampilan media sosial kita, jika Anda menggukan media blog berikan tampilan yang simple namun enak dipandang. Apabila menggukan facebook atau twitter gunakan foto profile yang disesuaikan dengan produk jualan Anda, untuk twitter Anda bisa mengganti backgroundnya yang lebih menarik dan eye catching. Semua itu dilakukan agar pengunjung tertarik untuk mengujungi lapak online kita.

6. Brand Awareness

Bagaimana mungkin kita bisa menjual produk barang atau jasa kita, jika calon konsumen Anda saja tidak mengenal lapak jualan Anda. Maka prinsip pepatah jawa berlaku disini “Witing tresno jalaran soko kulino” yang artinya semakin sering brand Anda diketahui orang, maka akan tumbuh benih-benih cinta kepada brand Anda.

  • Yang harus Anda lakukan pertama yaitu mendengar, mendengar apa yang sedang marak dibicarakan orang, mendengar apa saja yang menjadi keluhan mereka
  • Yang kedua yaitu ikut bergabung dalam pembicaraan mereka di media sosial, membantu menyelesaikan keluhan mereka,
  • Ketiga, jangan terlalu getol dalam promosi online, salah-salah bukan promosi Anda disukai mereka namun malah memmbuat orang tersebut merasa tidak nyaman. Lakukan promosi online secara natural

7. Bentuklah Suatu komunitas online

Di media sosial kita harus berusaha untuk selalu menjaga hubungan yang erat dengan para konsumen kita, adapun dengan membentuk sebuah komunitas online kita bisa memberikan beberapa hal, diantaranya :

  • Berikan Informasi yang jujur dan bisa dipercaya
  • Berikan informasu terbaru tentang produk jualan Anda
  • Berikan informasi tips atau trik sesuai dengan produk yang Anda jual sehingga tercipta suasana diskusi yang lebih edukatif
  • Dengarkan saran dan kritik yang diberikan oleh konsumen Anda
  • Berikan ucapan terima kasih.
  • Dan lain sebagainya

8. Jadikan Follower Anda sebagai calon konsumen

Apabila Anda sudah melakukan beberapa poin di atas, maka selayaknya Anda merupaya untuk mengubah follower menjadi konsumen. Tentunya ini tidak bisa dikerjakan secara singkat, namun butuh waktu.

9. Lakukan Analisa

Lakukan Analisa hasil promosi Anda untuk menyusun strategi lanjutan yang lebih menguntungkan atau profitable. Berikut ini pertanyaan indikator yang bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur keberhasilan promosi Anda;

  • Apakah hasil penjualan Anda telah sesuai dengan target yang Anda buat?
  • Apakah Anda sudah memiliki konsumen tetap?
  • Apakah pelayanan Anda sudah bisa memuaskan konsumen?
  • Dan lain sebagainya

Sebaiknya Anda membuat target mingguan, bulanan, hingga tahunan untuk lebih mempermudah Anda dalam menyusun strategi penjualan.

Demikian artikel tentang Cara Meningkatkan Penjualan Online di Media Sosial . Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah, sipendik dengan senang hati menjawab. Terima kasih dan Salam sukses.

Baca juga: Cara Bisnis Internet Marketing Untuk Pemula