ilustrasi - budidaya sidat

Cara Praktis Budidaya Sidat Agar Keuntungan Fantastis

Sipendik.com – Kali ini kami akan mengulas tentang Cara Praktis Budidaya Sidat Agar Keuntungan Fantastis. Saat ini budidaya ikan sidat menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan dan memiliki omset yang tinggi. Apalagi permintaan akan ikan sidat sangatlah tinggi, contohnya saja di negara Jepang ikan sidat sudah menjadi hidangan utama makanan mereka.

Di jepang sendiri ikan sidat biasa disebut unagi dan udanon. Hidangan ini berupa sidat bakar yang disajikan di atas nasi.  Namun di Jepang ikan sidat sudah menjadi ikan yang langka, di negaranya hanya mampu diproduksi sekitar 30 persen dan sisanya 70 persen hasil dari impor dari negara negara lain termasuk dari di Indonesia. Permintaan ikan sidat di dalam negeri sebenarnya cukup tinggi, hanya saja jumlah petani sidat di Indonesia masih sangat rendah. Oleh karena itu harga ikan sidat Indonesia menjulang tinggi.

gambar - olahan unagi masakan jepang
gambar – unagi masakan jepang

Langkah-langkah Budidaya Ikan Sidat

Dalam budidaya sidat ada tiga tahapan yang perlu anda perhatikan, yaitu tahapan pendederan 1, pendederan 2 dan tahap pembesaran. Kami mengklasifikasikan berdasarkan tahapan tersebut karena untuk memudahkan kita dalam mempercepat laju pertumbuhan ikan sidat. Sampai sekarang belum ada sebuah rekayasa teknologi pembenihan ikan sidat, sehingga untuk kebutuhan benih ikan sidat kita harus mengandalkan hasil penangkapan dari alam. Bentuk dari benih ikan sidat itu sendiri sudah menyerupai ikan sidat dewasa, hanya saja ukurannya masih kecil dan berwarna transparan atau disebut glass eel

1. Tahap Pendederan 1

Pada tahap ini biasa disebut dengan tahap pengenalan untuk benih ikan sidat supaya bisa beradaptasi dengan kondisi alam buatan (kolam) dan bisa mengkonsumsi pakan yang homogen atau pakan buatan. Pemeliharaan pada tahapan ini memiliki tujuan untuk pembesaran glass eel sampai benih ikan sidat memiliki ukuran elver. Setelah melewati tahap pendederan 1 maka elver siap dilanjutkan ke tahapan pendederan 2.

Glass eel yang biasanya dipelihara memiliki 2 jenis yaitu A. bicolor dan A. marmorata. Glass ell yang berjenis A. bicolor didapatkan dari pantai selatan Pulau Jawa, sedangkan untuk A. marmorata diperoleh dari daerah Poso Sulteng dan Tatelu. Ukuran benih ikan sidat glass eel yang ditebar memiliki ukuran 0,17 gram per ekor dengan jumlah kepadatan untuk masing-masing tempat pemeliharaan sekitar 6 ekor per 1 liter air.

Proses penebaran glass eel dilakukan secepat mungkin setelah glass eel sudah diterima di lokasi pemeliharaan. hal ini untuk mengurangi tingkat stress pada benih ikan sidat setelah sebelumnya berada dalam transportasi pemindahan benih ikan sidat. Sebelum dilakukan penebaran ikan sebaiknya glass eel dilakukan aklimatisasi dulu, caranya yaitu menempatkan plastik packing agar mengapung diatas air di lokasi media pemeliharaan.

2. Tahap Pendederan 2

Berupa tahapan persiapan agar menghasilkan ukuran sidat fingerling (10 gr/ekor) dan kemudian siap untuk di pelihara pada proses tahapan pembesaran.

3. Tahap Pembesaran

Pada tahapan ini yang dilakukan adalah proses pembesaran ikan sidat. Proses ini memiliki tujuan untuk membesarkan ikan sidat sampai pada ukuran yang siap konsumsi yaitu ukurannya lebih dari 200 gram per ekor.

Untuk tempat pemeliharaannya bisa menggunakan kolam beton yang memiliki ukuran 2 x 5 x 1,8 m³ dengan jumlah air media sekitar 5 m³. Kolam pemeliharaannya sebaiknya dilengkapi dengan sistem aerasi dengan air yang mengalir. Air media yang digunakan bisa berasal dari tandon air sumur yang kemudian dialirkan ke dalam paralon yang menuju ke kolam pemeliharaan. Dianjurkan untuk volume pergantian airnya minimal lebih dari 300% tiap hari. Supaya suhu airnya tetap terjaga pada kisaran 29-31 °C, sebaiknya kolam pemeliharaan ditutup dengan terpal atau bisa menggunakan penutup anyaman bambu.

Waktu yang dibutuhkan dalam budidaya ikan sidat sampai siap untuk konsumsi sekitar kurang lebih 5 bulan, tergantung ukuran benih yang kita tabur. Misalnya ukuran benih 200 gram, untuk bisa menghasilkan panen ikan sidat berukuran 500 gram memerlukan waktu sekitar 5 bulan. Sebagai gambaran jika anda menaburkan 1 ton benih anda bisa menghasilkan panen sekitar 5 ton ikan sidat.

Demikianlah artikel sipendik tentang Cara Praktis Budidaya Sidat Agar Keuntungan Fantastis, semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin memulai bisnis budidaya / ternak ikan sidat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Salam sukses..

Baca juga: Cara Praktis Budidaya Semangka Hasil Panen Melimpah

29 thoughts on “Cara Praktis Budidaya Sidat Agar Keuntungan Fantastis”

  1. salam sukses,

    saya bersemangat sekali membaca artikel ini,
    dimanakah saya bisa mendapatkan bibit dari ikan sidat ini atau yang disbut UNAGI
    mohon informasi lebih lengkap

    terimakasih
    hormat

    herman

  2. Saya sangat tertarik budidaya sidat, kalo saya mulai budidaya darimana saya bisa membeli benih sidat dan kemena menjualnya.. Terimakasih

  3. saya sangat tertarik sekali budidaya ikan sidat ini, mungkin bisa dibilang hobi saya memelihara ikan.
    kalau untuk tutorial pemeliharaannya bisa saya dapat dari mana ya,?
    terimakasih banyak,, mohon bantuannya.

  4. Saya ingin memulai dari awal bagaimana beternak sidat. Langkah-langkahnya seperti apa? pasar di dalam negeri di mana saja dan pasar di luar negeri di mana saja. terima kasih.

    Sutiono.

  5. saya berminat utk budidaya ikan sidat, lokasi yang saya siapkan sangat memenuhi syarat, airnya bisa ngalir terus, saya butuh pemasarannya utk lokal dan ekspor…..
    mohon informasinya… terima kasih.

  6. endang susilawati

    saya tertarik berternak sidat, dimana saya bisa mendapatka bibitnya, air yg di pakai harus air apa?

  7. Sy domisili di cirebon. Dimana saya bisa mendapatkan bibit sidat yg dekat dengan cirebon.

    Terima kasih salam.

  8. Kolam tembok 4x8xT80cm sistem air: pompa hisap sumur 15 meter. Aerator kings daya sembur max 4 meter, apakah layak untuk memulai sidat?

  9. Yg ada sidat hasil budidaya ikan sidat bicalor khusus jabodetabek bisa hubungin sya atau seluruh indonesia siap beli 081319720063

    1. saya pembudidaya sidat di poso sulteng, sidat dipelihara dikaramba apung disungai poso, umur sidat skrg sudah 1 tahun , ada yg masih 5 blnan, jumlah sekitar 1 ton dengan berat dan ukuran berfariasi , mulai 500 gr s/d 2 kiloan, ni sy lg mencari pasaran / pembeli yg siap mengambil lgsg d poso,(dgn hrg yg d spakati).. jika ada yang penasaran bsa sy kirim foto/video sekilas ttg karamba beserta isinya, hub. santo , 085343777055 (mohon sms dlu)

    2. Mas Koko, sy usaha pembesaran sidat. Saat ini ukuran nya sdh sekitar 5 – 8 ekor/kg. Ada sekitar 2 ton. Berani’ angkat brp/kg di tempat saya? (Kp.Curug – Bogor Barat)

  10. Saya berdomisili di kab. tanah laut, kota pelaihari, kal sel, dmn saya harus mendapatkan bibitya, apa sdh ada pasarnya? apakah sdh ada pasarnya?, brp hrg se kg skrg?
    jika bibitnya hanya bs didapat di jawa, apakah bisa dikirim lewat ekspedisi..
    mksih…sblmnya.

    1. Sipendik Team

      sepengetahuan kami sentra produksi terbesar di Indonesia ada di banyuwangi. Namun sayangnya kami tidak memiliki info kontaknya. Terima kasih sudah berkunjung

  11. rahadian ananda

    saya tinggl di kediri jawatimur… saya sangat tertarik dengan bisnis ini saya sudah punya aset lukasi tanah dan kolam siap pakai dalam sekala besar !!! tapi saya terbentur dalam segi modal dan pengalaman bagi investor yang ingin bekerja sama dengan saya mohon hubungi.085646113880!!!!!!

  12. asalkm. saya ada tanah yg tdk terpakai seluas 700 m 2 di daerah Blitar , di Talun, mohon kalau boleh saya minta alamat email mas pengasiuh Sipendik untuk menanyakan beberapa tips and trick dr beternak sidat ini, a.l : 1),Berapa ukuran kolam yang baik utk beternak sidat ini, kolam pendederan1 dan 2 serta kolam pembesaran, 2) jenis makanan thd ahap pendederan 1 dan 2 serta thap pembesaran , berupa apa saja dan dengan komposisi berapa2 saja, 3) apakah didaerah blitar ada agent penjualan benih sidat?.. kalau ada bisa minta alamatnya ?..kalau tidak dari daerah mana bisa didapatkan benih2 tersebut? dan alamat lkp kontak person nya..4) apakah ada training utk budidaya sidat ini kah?.. dimana ya ?,. terima kasih atas perhatian dan bantuannya, salam – Hendra

  13. saya pembudidaya sidat di poso sulteng, sidat dipelihara dikaramba apung
    disungai poso, umur sidat skrg sudah 1 tahun , ada yg masih 5 blnan,
    jumlah sekitar 1 ton dengan berat dan ukuran berfariasi , mulai 500 gr
    s/d 2 kiloan, ni sy lg mencari pasaran / pembeli yg siap mengambil lgsg d
    poso,(dgn hrg yg d spakati).. jika ada yang penasaran bsa sy kirim
    foto/video sekilas ttg karamba beserta isinya, hub. santo , 085343777055
    (mohon sms dlu)

    1. Saya dengan yusuf tjan saya baru tahu kalau unagi itu ikan sidat nya dan saya juga tertarik budidaya ikan sidat nya itu tapi saya tidak ada keahlian nya dan kalau pak Syanto Sarman sudah bisa budidaya ikan sidat nya itu dan sebenarnya saya ada teman tinggalnya di jepang dan ikan Sidat nya itu bisa di export ke jepangnya pak,thanks

  14. Assalamualaikum kawan2, disini adakah pengepul ikan sidat? Saya mencoba untuk budidaya ikan sidat di daerah sukabumi, Alhamdulillah ukuran ikan sudah sebesar ibu jari tangan dan panjang kisaran 15-20cm, kira2 adakah yang nampung untuk penjualan nya? Saya siap kerjasama jangka panjang.
    Info kontak ( 089603351573)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *