Cara Praktis dan Mudah Budidaya Bawang Merah dalam Polybag

ilustrasi - budidaya bawang merah dalam polybag

Sipendik.com – Pada kesempatan yang lalu sipendik telah membahas mengenai Cara Mudah Budidaya Bawang Merah di Lahan Kering , untuk kali ini kita akan mengulas lebih lanjut mengenai Cara Praktis dan Mudah Budidaya Bawang Merah dalam Polybag. Alasan kami membuat artikel ini karena memang sebagian masyarakat tidak mempunyal lahan yang cukup untuk budidaya bawang merah di lahan. Apalagi sekarang bumbu-bumbu dapur semacam bawang merah kian hari kian mahal. Ini merupakan alternatif buat Anda untuk menanam bawaqng merah di pekarangan sekitar rumah.
Cara budidaya bawang merah di polybag secara umum tidak jauh berbeda dengan budidaya bawang merah di lahan, untuk menanam bawang merah di polybag jauh lebih praktis dan mudah.

Cara Budidaya Bawang Merah dalam Polybag

1. Persiapan Media Tanam

Media tanam yang dipakai diantaranya : kombinasi tanah, arang sekam, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sedang pupuk SP-36 yang diperlukan sejumlah 3gr/polybag ditambah dengan furadan (satu sendok kecil). Seluruhnya bahan itu digabung serta disiram dengan air lantas dilewatkan sepanjang 1-2 hari. Polybag yang dipakai memiliki ukuran 30 cm x 40 cm.

2. Penanaman serta Pemupukan

Bibit bawang merah ditanam di polybag sejumlah 3 umbi per polibag serta ditata jaraknya seputar 15 cm antar umbi. Umbi ditanam ke media tanam hingga hanya leher umbi. Pupuk susulan berbentuk pupuk NPK (16-16-16) sejumlah 1 gr/polybag diberikan tiap-tiap minggu hingga usia 6 minggu lewat cara dicor atau mungkin disiramkan di seputar tanaman atau mungkin diberikan 2 kali pada usia 15 hts serta 30 hts (hari sesudah tanam) lewat cara dibenamkan ke tanah. Tempatkan polybag ditempat yang terserang cahaya matahari.

3. Pemeliharaan

Penyiraman pada musim kemarau dikerjakan satu sampai 2 x satu hari saat pagi dan sore bergantung situasi di lapang. Tanaman bawang merah tak tahan kekeringan namun tak tahan pada genangan air. Jika umbi telah tampak (seputar usia 2 bln) janganlah terlampau banyak disiram supaya umbi cepat tua/diisi. Pengendalian hama serta penyakit dengan memakai pestisida nabati.

4. Pemanenan

Tanda-tanda tanaman bawang yang siap dipanen andalah 80 % daun rebah menguning serta leher batang kosong/gembos, umbi tersembul di permukaan tanah serta berwarna merah. Bawang merah bisa dipanen sesudah usia tiga bln (untuk konsumsi) serta untuk jadi benih bisa dipanen sesudah 100 hari. Pemanenan baiknya dikerjakan pada situasi tanah kering serta cuaca cerah untuk menghindar serangan penyakit busuk umbi ketika penyimpanan. Bawang merah yang sudah dipanen diikat pada batangnya serta dijemur hingga cukup kering dibawah cahaya matahari.

Itulah Cara Praktis dan Mudah Budidaya Bawang Merah dalam Polybag, semoga artikel kami di atas dapat menginspirasi Anda. Selamat Bertanam..

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Bawang Merah di Lahan Kering

Tampilkan Komentar (1)