Trik Rahasia Promosi Online Paling Efektif

ilustrasi - promosi online agar jualan cepat laku

Sipendik.com – Apakah bisnis Anda penjualannya masih rendah, sudah demikian cara dilakukan namun penjualan belum juga naik? Sekarang ini yang Anda butuhkan adalah pemasaran yang tepat sasaran dan memakai suatu inovasi baru dalam sistem pemasaran. Kali ini sipendik akan mengulas tentang Trik Rahasia Promosi Online Paling Efektif.

Jaman sekarang media online memang sudah sangat populer, berbagai produk ditawarkan oleh para pengusaha di dunia maya, mulai dari makanan, barang dan jasa dan lain sebagainya. Dengan promosi yang tepat maka penjualan Anda bisa meningkat tajam. Apabila brand Anda sudah terkenal, tentunya akan memudahkan Anda dalam promosi. Namun jika brand Anda masih baru, Anda dituntut lebih kreatif dalam memasarkan produk Anda hingga jualan cepat laku.

Berikut ini Trik Rahasia Promosi Online Paling Efektif

1. Perkenalkan Produk / Jualan Anda ke Kerabat dan Teman

Ketika Anda merintis sebuah usaha, promosi paling awal tentunya memperkenalkan produk jualan Anda ke teman, kerabat ataupun saudara. Apabila target pasar Anda ialah para pelajar dan mahasiswa, tentunya Anda memperkenalkan Produk Anda ke teman-teman pelajar Anda. Namun jika target pasar ialah para pekerja kantoran atau pegawai, Anda kenalkan produk kepada kerabat atau teman yang bekerja sebagai pekerja kantoran.  Hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan produk ke teman terdekat terlebih dahulu, kemudian teman kita tersebut dimintai testimoni terhadap produk Anda. Testimoni ini sangat penting guna melancarkan proses promosi Anda selanjutnya.

2. Promosi melalui Media Brosur, Pamflet atau Selebaran

Tentunya Anda sering menjumpai suatu produk barang atau jasa yang membagikan brosur atau selebaran di pusat keramaian. Sipendik sering membaca isi dari brosur atau selebaran tersebut, dan isinya pada umumnya memperkenalkan produk yang baru launching maupun penawaran diskon tertentu untuk setiap pembelian produk. Cara ini tentunya sangat efektif dalam menarik konsumen untuk datang memakai produk Anda.

Metode di atas bisa Anda tiru untuk mempromosikan produk jualan Anda, fungsi dari promosi via brosur dan selebaran ini untuk meningkatkan posisi brand Anda di mata konsumen. Isi dari brosur atau selebaran bisa berisikan testimoni, fakta maupun detail produk. Cara tersebut cukup efektif dalam menarik konsumen untuk mencoba produk Anda.

3. Promosikan Produk Anda di Marketplace

Apapun usaha Anda baik berbentuk barang maupun jasa, promosi melalui media marketplace terbilang sangat efektif jika dilakukan dengan tepat. Keuntungan lain promosi melalui media marketplace yaitu produk Anda lebih dikenal bukan saja dari daerah domisili Anda namun hingga tingkat nasional. Marketplace yang sipendik maksud disini yaitu media promosi seperti berniaga.com , tokopedia.com , tokobagus.com , Forum Jual Beli Kaskus.co.id. Jika brand Anda sudah cukup kuat bisa menggunakan media lazada.co.id dan elevenia.co.id untuk media penjualan produk Anda.

Dalam mempromosikan produk Anda di marketplace, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini poin-poin penting yang perlu dijelaskan di dalam menuliskan produk di marketplace :

  • Deskripsi produk berupa ciri-ciri maupun keunggulan yang dimiliki oleh produk
  • Tampilkan foto produk
  • Buat ringkasan tentang profil usaha Anda dalam beberapa kalimat
  • Cantumkan lokasi usaha
  • Kontak person ( sebaiknya Anda memisahkan nomer pribadi dan nomor usaha agar professional. Penting juga menampilkan pin BB, whastsapp jika ada )
  • Cara pemesanan produk
  • Cara pembayaran
  • Testimoni pembeli sebelumnya

Sekiranya itu poin-poin yang sebaiknya Anda masukkan dalam berpromosi di marketplace. Anda bisa berimprovisasi untuk menarik pembeli.

4. Berpromosi Melalui Media Sosial

Media sosial cukup ampuh sebagai media promosi produk Anda. Melalui media sosial Anda bisa lebih dekat dengan konsumen atapun calon konsumen, selain itu penggunaan media sosial dapat memberikan kesempatan keonsumen untuk memberikan kritik maupun saran yang membangun untuk kemajuan produk. Media sosial yang sipendik sarankan yaitu Twitter dan Facebook. Jika Anda memakai media facebook sebagai media pemasaran, sebaiknya membuat Fanspage untuk memudahkan Anda dalam pengelolaannya.

5. Berpromosi Via Web atau blog

Cara kelima ini baiknya dikerjakan apabila usaha Anda sudah mapan dan stabil. Berpromosi memakai web atau blog mempunyai keunggulan yang cukup banyak, antara lain cakupan pelanggan bisa lebih luas dan penjualan anda terlihat lebih profesional.

6. Tips Tambahan

  • Berpromosi ketika ada bazar atau pameran
  • Berpromosi memakai banner
  • Berpromosi melalui media massa seperti koran dsb
  • Berpromosi melalui iklan baris online ( iklanbarispro.com , sebar-iklan.com, iklanpas.com , iklanhouse.com , iklantanpadaftar.com , pasangiklangratis.com iklanplaza.com , jagoaniklan.com ).
  • Berpromosi menggunakan kaos, layaknya seperti kampanye.

Demikianlah Trik Rahasia Promosi Online Paling Efektif , semoga bermanfaat. Selamat berbisnis dan semoga sukses 🙂

Baca juga: Beberapa Contoh Profil Pengusaha Sukses

Tampilkan Komentar (1)