gambar - cara ternak bebek

Cara Ternak Bebek Hasil Untung Maksimal

Sipendik.com – Peluang usaha ternak sampai sekarang ini masih sangat menjanjikan, hal itu didukung dengan tingkat konsumsi masyarakat yang semakin tinggi dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin pesat. Anda pun dituntut untuk semakin cerdas dalam memanfaatkan beberapa peluang usaha yang ada, apalagi peluang tersebut terkadang oleh sebagian orang dipandang sebelah mata namun ternyata memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Begitu pula dengan peluang usaha ternak bebek baik pedaging maupun petelur, tingkat permintaan konsumen cenderung makin tinggi. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini sipendik akan mengulas secara lengkap Cara Ternak Bebek Hasil Untung Maksimal untuk pedaging dan petelur.

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara ternak bebek pedaging dan petelur dilihat dari sisi perawatan, hanya saja yang sedikit membedakannya pada pemberian pakan, bebek petelur diberikan pakan berupa mineral yang lebih banyak porsinya dibandingkan bebek pedaging. Langsung saja kita ulas lebih mendalam cara ternak bebek sebagai berikut :

Cara Ternak Bebek Pedaging dan Petelur

Persiapan Kandang

Dalam beternak bebek yang pertama kita perhatikan yaitu persyaratan kandang yang ideal untuk beternak, di antaranya

  • kandang mempunyai suhu sekitar 39°C , jadi bebek lebih menyukai kondisi kandang yang lumayan panas dan terik.
  • Tingkat kelembapan udara yang ideal yaitu 60-65%
  • Sebaiknya diberikan penerangan pada kandang untuk memudahkan kita dalam pengaturan kandang.

Jenis kandang bebek ada 3 macam yaitu :

  • Kandang anak bebek (DOD) , biasa disebut kandang box memiliki ukuran 1 x 2 meter yang bisa menampung sekitar 50 ekor DOD
  • Kandang bebek remaja (Brower), biasa disebut kandang ren memiliki daya tampung sekitar 16 – 100 ekor per kelompok.
  • Kandang bebek masa bertelur (kandang layar) , kandang bisa berbentuk kotak kecil yang memuat 1-2 ekor per kotak atau kandang berkelompok dengan daya tampung 4-5 ekor bebek dewasa. Pada masa bertelur atau bebek dewasa yang berjumlah 30 ekor ditempatkan pada kandang 3×2 meter.

 Persiapan Pembibitan

Anda bisa menggunakan salah satu dari dua jenis pembibitan yaitu memakai DOC atau bebek dara. Apabila ingin produksi bebek dengan cepat, Anda bisa memakai bebek dara. Sebaliknya, jika ingin menekan biaya pembelian bibit maka Anda bisa membeli bibit DOC untuk bebek petelur atau bebek pedaging dengan kualitas unggul. Pemakaian bibit DOC dan bebek dara sama-sama mempunyai beberapa keunggulan dan kelemahan, harga yang ditawarkan dari bibit DOC lebih terjangkau dibandingkan membeli bebek dara, namun bebek dara memiliki keunggulan yang bisa berproduksi lebih cepat.

Apabila Anda membeli DOC, lakukan perawatan yang memadai seperti pemanasan DOC dan vaksinasi. Namun jika lebih memilih membeli bebek dara, Anda tidak perlu disibukkab dengan vaksinasi dan penghangatan kandang.

Berikut ini kami ulas cara memilih bibit bebek dengan kualiatas baik :

  • Belilah telur tetas dari indukan itik yang terjamin kualitasnya
  • Anda bisa juga memelihara indukan itik pejantan dan betina untuk menghasilkan telur tetas, lalu letakkan pada ayam, menthok atau mesin tetas.
  • Beli DOD dari pembibitan yang sudah diakui oleh Dinas Peternakan setempat atau sudah mendapat reputasi baik dari para peternak bebek yang lain
  • DOD yang memiliki kualitas yang baik yaitu tidak ada cacat atau sakit dan bulunya berwarna kuning mengkilap,
gambar - bibit bebek DOD
gambar – bibit bebek DOD

 Perawatan Bibit dan Calon Induk

1. Perawatan Bibit

Bibit bebek (DOD) yang baru sampai dari pembibitan, segera lakukan penanganan teknis supaya tidak salah perawatan. Cara penanganannya sebagai berikut :

Setelah bibit (DOD) diterima, lekas ditempatkan pada kandang brooder atau indukan yang sebelumnya sudah disiapkan. Kandang brooder bisa menampung sekitar 50 ekor DOD dengan ukuran 1 m², perhatikan pula temperatur kandangnya dan pastikan DOD tersebar merata di kandang. Pada fase stater atau permulaan , jenis pakannya perlu ditambahkan vitamin dan mineral.

2. Perawatan Calon Induk

Calon indukan bebek ada 2 jenis yaitu induk produksi telur tetas dan induk produksi telur untuk konsumsi. Untuk perawatannya relatif sama, namun perbedaannya hanya pada indukan untuk memproduksi telur tetas diharuskan ada induk jantan dengan perbandingan  1 induk jantan untuk 5-6 ekor induk betina.

3. Reproduksi dan Perkawinan

Reproduksi atau perkembang biakan yaitu untuk memperoleh telur tetas yang fertil atau terbuahi dengan baik oleh itik jantan. Selain itu sistem perkawinan bebek ada dua jenis yaitu itik hand mating atau pakan itik batan manusia serta nature mating yaitu perkawinan itik melalui proses alami.

Pemeliharaan

1. Pemeliharaan Kandang

Kami sarankan untuk membersihkan kandang dengan disapu minimal seminggu 2 kali, segera bersihkan sisa makanan dan kotoran dari kandang bebek. Langkah ini diperlukan untuk mencegah timbulnya beberapa penyakit dan memelihara kesehatan bebek

2. Kontrol Kesehatan Bebek

Dalam tata cara beternak bebek petelur dan pedaging diperlukan pengawasan kesehatan yang baik, caranya yaitu dengan melihat aktivitas bebek. Apabila bebek kurang aktif dalam bergerak di dalam kandang, maka bisa diindikasikan bebek tersebut kurang vitamin dan apabila bebek terlihat kurang nafsu makan bisa terindikasi bebek dalam keadaan sakit.

3. Pemberian Pakan Bebek

Pemberian pakan bebek dibagi menjadi 3 fase, yaitu starter (usia 0 – 8 minggu), grower (usia 8-18 minggu) dan fase layar (usia 18-27 minggu).

Makanan ketiga fase itu berupa pakan buatan pabrik (secara praktisnya) dengan jenis kode berbeda untuk masing-masing fase. Cara pemberian pakan tersebut dibagi dalam 4 kelompok yaitu;

  • usia 0-16 hari diberikan di tempat pakan datar (tray feeder)
  • usia 16-21 hari diberikan dengan cara tray feeder serta sebaran dilantai
  • usia 21-18 minggu disebar pada lantai
  • usia 18-72 minggu, ada dua cara pemberian pakannya yaitu 7 hari pertama dengan cara makanan peralihan dengan memperhatikan produksi bertelur permulaan sampai produksi mencapai 5%.  Kemudian pemberian pakan bebek secara ad libitum atau terus-menerus.

Makanan bebek secara ad libitum, bisa menghemat biaya pakan baik tempat ransum nya sendiri yang biasa di ranum dari bahan-bahan semacam tepung ikan, tepung tulang, jagung, bekatul, bungkil feed suplemen.

Pemberian minuman bebek, berdasarkan pada usia bebek juga yaitu;

  • usia 0-7 hari, untuk masa 3 hari pertama air minum ditambah dengan vitamin dan mineral, tempatnya asam hampir seperti untuk anak ayam.
  • usia 7-28 hari, tempat minum ditempatkan dipinggir kandang serta air minum nya diberikan secara ad libitum atau terus-menerus.
  • usia 28 hari-akhir, tempat minum 4 persegi panjang dengan ukuran 2 m x 15 cm serta tinggi 10 cm untuk kapasitas 200-300 ekor.

Penyakit Pada Bebek

Pada umunya penyakit bebek dibedakan menjadi dua hal yaitu;

  • Penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme contohnya virus, bakteri dan protozoa
  • Penyakit yang diakibatkan oleh defisiensi zat makanan serta tata letak perkandangan yang kurang sesuai.

Penyakit yang sering ditemukan di peternakan bebek petelur dan pedaging, di antaranya

  • Penyakit Duck Cholera

Diakibatkan oleh jenis bakteri Pasteurela avicida
Gejala serangan: mencret, tinja kuning kehijauan, lumpuh
Cara pengendalian: sanitasi pada kandang, pengobatan melalui suntikan penisilin di bagian urat daging dada yang disesuaikan dengan dosis label obat.

  • Penyakit Salmonellosis

Penyebab oleh bakteri typhimurium
Gejala serangan: pernafasan pada bebek sesak, kadang-kadang mencret
Cara pengendalian: lakukan sanitasi yang baik, pengobatan menggunakan furazolidone melalui pakan bebek dengan konsentrasi 0,04% atau memakai sulfadimidin yang dicampur dengan air minum, dosisnya disesuaikan.

Demikianlah artikel sipendik tentang Cara Ternak Bebek Hasil Untung Maksimal , semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Silakan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan tentang ternak bebek petelur dan bebek pedaging. Terima kasih dan salam sukses..

27 thoughts on “Cara Ternak Bebek Hasil Untung Maksimal”

  1. Biasanya bebek panen krang lbih nya brapa hari??? Trus bebek&entok perawtanya sama pa nga???pakan trbaik apa aja &klo blh tau hrga ppakan ya kisaran brappa pak???trmkasih pak..salam sukses.

    1. Saya mau usaha ternak bebek yang benar,, mau tau cara gmna cara merawat anak bebek dari kcil sampai hasil panen,
      Dan bagaimana kandang bebek yang benar?
      Trus brapa kali sehari cara ngasih makan bebek?
      Mohon d balas ya,, trima kasih salam sukses

  2. Bebek sya sdh bertelur kmudian mknanx sy tmbh dg ampas tahu dan bekatul kmdian bsokx bebekx berhenti bertelur mohon saranx?

    1. Cara pemberian pakan yang mendadak akan menyebabkan ternak stres. untuk men substitusi pakan agar meminimalisir biaya produksi lakukan pemberian pakan secara bertahap mulai dari 25% : pakan baru 75% pakan lama, 50% : 50% , 75% :25%, dan 100% pakan baru. trims

  3. maaf saya ikut menjawab ya.. untuk bebek petelur mohon untuk tidak mengganti campuran pakannya, dimulai ia remaja hingga usia bertelur, karena salah satu penyebab bebek stres adalah pergantian ransum pakan yang secara mendadak…

    1. Benar, memang keong dapat meningkatkan kualitas telur bebek serta dapat meningkatkan jumlah produksi telur bebek karena mengandung protein yang tinggi.

      1. perlu diingat juga, pemberian keong yang berlebihan pada ransum bebek petelur dapat menyebabkan masa peneluran menjadi singat. karena dalam keong terdapat zat antinutrisi. trims

      2. Penyakit Salmonellosis memang masih belum ada obatnya, penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme yang tumbuh dalam pakan yang tak layak pakai, bisa karena pakan sudah berjamur, apek (tengik), dan juga kandungan air yang sangat tinggi. oleh karena itu, peternak harus selektif dalam memilah dan memilih kualitas pakan yg akan diberikan pada ternak. trims

  4. Asalam mualaikum , alhamdulilah saya punya kandang dan udah siap masukin ternak nya / siapa masukin DOD nya . Nah yang saya bingungkan tu gi mana lau udah usia besar tau di belang udah siap di jual , di jual nya ke mana soal nya belum punya ada langganan dari restoran atau pasar ,,

    TERIMAKASIH

  5. sangat bermanfaat bagi kami. Saya mau usaha ternak bebek petelur.
    kalo kandangnya itu didalam ruangan bagaimana?
    Terus bagaimana cara untuk mendapat telur yang kualitasnya bagus?
    Terima kasih

  6. kalau pakan bebek campuran antara konsentran dan bekatul yang baik dengan perbandingan berapa ya….? mohon infonya…. terima kasih…..

  7. assalamu’alaikum….saya udah berternak bebek nih,tapi udah hampir 3 bln blm cukup juga berat badanya untuk di pasarkan sebagai bebek pedaging… kami kasih paka ampas tahu+dedak+jagung giling… dari 1000 ekor ,malah banyak yang mati tinggal 50% lagi… mohon di jelskan kurng dan salahnya di mana… kami pakai kandang lantai tanah…dikebun.

  8. Saya sudah mulai beternak bebek tp masih bingung cara memberi pakan nya agar berat badannya cepet bertambah gimana caranya

  9. saya punya ternak bebek petelur. kunci utama pakan nya adalah dedak yang cukup. keong tidak terlalu berpengaruh, dedak padi yang utama. trmksh

  10. Mesin Tetas Telor

    PELUANG USAHA BISNIS PENETASAN TELUR…. Buat yg hobby unggas, yg ingin
    mengembang biakkan ternak unggas nya lebih bnyk lg dgn lbh cepat dan
    praktis, tersedia mesin tetas serba otomatis kap 50, 100, 210, 560btr.
    tanpa di putar manual lg, bs ditinggal2, hsl tetasan maksimal..Buat Anda
    yg di kota/kerja di Luar negeri, mesin tetas ini, cocok juga utk
    dikirim ke Kampung Guna membantu sanak saudara yg di kampung halaman utk
    nambah penghasilan mereka dgn bisnis penetasan telur ayam , kalkun,
    bebek, puyuh, kenari, murai, jalak,lovebird, merpati dan burung
    lainnya… kami Siap kirim ke seluruh wilayah indonesia
    Hub.08561764900 pin.57E0CAA2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *