Beberapa Contoh Peluang Usaha dari Bisnis Pengolahan Sampah

ilustrasi - pengolahan sampah

Sipendik.com – Pada postingan kali ini sipendik akan mengulas kembali tentang Beberapa Contoh Peluang Usaha dari Bisnis Pengolahan Sampah. Kami melihat bahwa usaha pengolahan sampah saat ini masih dipandang sebelah mata, namun hasil dari survey kami di lapangan usaha ini begitu menggiurkan. Pada postingan kami sebelumnya tentang Bisnis Daur Ulang Sampah , Pria ini Untung Miliaran Rupiah sudah terbukti bahwa dengan ketekunan dan kerja keras usaha pengolahan sampah dapat menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Oleh karenanya kesempatan kali ini sipendik akan mengulas beberapa pilihan usaha pengolahan sampah yang dapat Anda jadikan inspirasi.

Keberadaan sampah memang sudah menjadi permasalahan klasik yang sampai sekarang belum menemukan solusi yang tepat. Di kota Jakarta saja setiap harinya menghasilkan sampah sekitar 6.500 ton, jumlah yang sangat besar tentunya. Dengan jumlah sampah kian hari semakin menumpuk, siapa yang harus bertanggung jawab atas permasalahan ini, pemerintah pun sampai sekarang belum memiliki regulasi yang tepat guna mengakomodir pengolahan sampah. Padahal sebetulnya masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama yang harus segera dituntaskan.

Berkaitan dengan ide bisnis, sampah sebenarnya bisa menjadi ladang bisnis bagi mereka yang mau memikirkan. Sampah dapat Anda temukan dengan mudah dimana-mana. Di setiap sudut kota Anda tentunya bisa melihat sampah, baik sampah yang sudah masuk ke dalam bak sampah ataupun sampah yang sudah tergeletak di tanah. tanpa ada yang peduli dengan kondisi itu. Padahal jika kita mengolah dengan tepat, sampah bisa menjadi pundi-pundi rupiah.

Pengolahan sampah yang mengutamakan prinsip-prinsip ekologi dan daya kreativitas yang baik tentunya bisa mengantarkan Anda menjadi jutawan baru. Berikut ini sipendik mengulas beberapa contoh ide bisnis yang bisa Anda jalankan berkaitan dengan usaha pengolahan sampah :

Beberapa Contoh Peluang Usaha dari Bisnis Pengolahan Sampah

1. Usaha Pengolahan Sampah Korporat

Dengan adanya UU Nomor 18 Tahun 2008 yang memuat tentang sebuah kewajiban tiap-tiap komunitas untuk mengelola sampah secara lebih mandiri bisa memberikan pengaruh terhadap ide bisnis yang berkaitan dengan usaha pengelolaan sampah. Meskipun sudah bisa diprediksi, tak semua entitas penghasil sampah dapat melakukan proses pengelolaan sampah. Peluang bisnis ini sangat terbuka dan menarik untuk dikembangkan, apalagi sampah-sampah tersebut selalu dihasilkan oleh banyak perusahaan, baik yang kecil atau yang besar. Rasa tanggung jawab dan sebuah kewajiban dalam melaksanakan pengelolaan sampah bisa jadi peluang usaha untuk skelompok usaha kecil yang terfokus pada usaha ini.

2. Usaha Pengangkutan Sampah

Pengangkutan sampah merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menarik untuk dikembangkan. Dalam lingkungan perkotaan yang padat penduduknya, jumlah sampah pastilah besar dan menunggu untuk segera dibersihkan. Masih Lambatnya proses pengangkutan sampah yang dikerjakan oleh dinas kebersihan kota, bisa menjadi salah satu keuntungan untuk Anda dalam memulai usaha pengangkutan sampah. Anda bisa mulai membuka usaha pengangkutan sampah dalam jumlah kecil ataupun besar.

3. Usaha barang bekas

Jenis sampah yang dihasilkan dari masyarakat sangatlah bermacam-macam. Barang-barang yang dianggap tidak dibutuhkan padahal masih bisa dipakai, sangat mungkin untuk dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Untuk beberapa orang, barang-barang tersebut bisa menjadi penting dan bermanfaat. Memulai usaha barang bekas jadi sebuah peluang bisnis yang berkaitan dengan hal tersebut yaitu dengan menjual barang yang menurut sebagian orang tidak berguna kepada mereka yang memerlukan dengan nilai dan harga yang jauh lebih murah.

4. Bisnis jual beli sampah

Masa depan tidak ada yang tahu. Sekarang ini mungkin telah ada beberapa usaha yang jenis usahanya membeli sampah-sampah lalu kemudian dimanfaatkan kembali. Salah satu contohnya saja adalah memanfaatkan sampah kota untuk dijadikan bahan baku pembangkit listrik. Di tahun-tahun mendatang, bukan tidak mungkin akan ada sebuah usaha yang membeli tumpukan sampah dari dapur Anda ataupun limbah produksi yang sudah terbuang sia-sia. Anda bisa memulai mencari sebuah ide bisns untuk mengubah tumpukan sampah jadi sesuatu yang lebih bernilai dan bermanfaat.

5. Usaha daur ulang sampah

Jenis usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang sering kali kita jumpai berhubungan dengan bisnis pengolahan sampah. Bisa jadi tumpukan sampah-sampah plastik ataupun logam-logam yang hasil limbah menjadi sebuah hiasan rumah yang begitu cantik serta bisa dijadikan perabotan rumah tangga yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berbagai jenis sampah baik itu organik maupun anorganik bisa Anda kreasikan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

6. Bisnis pupuk kompos organik

Tentunya selain sampah-sampah plastik juga ada sampah organik yang biasanya dihasilkan dari limbah rumah tangga atau sisa tanaman. Sampah organik ini bisa kita olah menjadi pupuk kompos yang memiliki nilai jual yang tinggi. Apalagi manfaat pupuk kompos juga bagus untuk menjaga kesehatan lingkungan disamping membantu pertumbuhan tanaman. Untuk cara mengolahan pupuk kompos, sipendik akan khusus mengulasnya untuk Anda di postingan kami yang lain.

Demikianlah Beberapa Contoh Peluang Usaha dari Bisnis Pengolahan Sampah , walaupun terkadang berbisnis pengolahan sampah dipandang sebelah mata oleh masyarakat, namun di balik itu semua keuntungan yang berlimpat bisa Anda dapatkan. Anda pun sekaligus membantu menjaga kelestarian lingkungan. Selamat Berbisnis dan semoga sukses