5 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Daun Monstera

Daun monstera atau tanaman monstera deliciosa merupakan salah satu tanaman hias yang digemari sampai sekarang. Penjualan tanaman monstera hingga kini masih tergolong tinggi. Tanaman hias berdaun jumbo ini mulai menjadi primadona sejak tahun 2016. Berikut ini kami ulas 5 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Daun Monstera.

  • Bentuk Daun Monstera Unik dan Berukuran Jumbo Seperti “monster””

Jenis tanaman hias ini memiliki bentuk yang terbilang unik, daun berbentuk kebulatan dan melebar. Tanaman monstera berwarna hijau pekat dengan tekstur yang menyerupai sobekan-sobekan. Tanaman ini memiliki pola sobekan yang berbeda-beda tergantung dengan jenis atau varietas monstera

Ada pula orang yang menyebut daun monstera dengan janda bolong. Namun janda bolong merupakan spesies yang berbeda dengan monstera, janda bolong mempunyai daun yang lonjong dan lebih kecil sedangkan monstera mempunyai daun yang lebih lebar hampir seperti talas.

Tanaman monstera yang berusia tua semakin lama warnanya semakin pekat dan gelap, namun bukan menjadi masalah karena daun yang gelap akan memberikan kesan elegan pada ruangan. Selain itu, pada siang hari daun monstera akan memproduksi oksigen sehingga kondisi ruangan akan lebih segar dan sehat.

  • Daun Monstera Bisa Bertahan di Dalam Ruangan Selama Sepekan

Salah satu kelebihan tanaman monstera yaitu mampu bertahan di dalam ruangan selama sepekan. Hal ini tentu menjadi salah satu alasan banyaknya pecinta tanaman hias yang merawat daun monstera.

Monstera jika ditanam di dalam pot, ukuran daunnya bisa sampai selebar telapak tangan orang dewasa. Namun jika ditanam di tanah pekarangan yang subur daunnya akan semakin melebar. Selain itu tanaman ini juga cocok diletakkan di tepian kolam yang akan memberikan kesan sejuk dan adem.

  • Mudah Merawat dan Menanam

Tanaman monstera dapat tumbuh dengan baik pada suhu ruang sekitar 23-30 derajat celcius pada siang hari dan 15 derajat celcius pada malam hari. Media tanam tanah yang baik untuk pertumbuhan daun monstera yaitu campuran tanah dengan pasir yang telah dicampur kompos dengan komposisi satu dibanding satu.

Budidaya tanaman monstera dapat dilakukan secara vegetatif. Salah satu cara termudah untuk memperbanyak jenis tanaman ini yaitu dengan setek batang. Proses setek pun cukup mudah dengan cara memotong bagian batang kemudian ditancapkan ke dalam tanah. Jangan lupa memilih indukan yang berkualitas agar mendapatkan bibit yang baik.

Perawatan daun monstera cukup mudah dengan cara melakukan penyiraman rutin setiap pagi atau sore hari, memberikan pupuk secara berkala.

  • Awas! Tanaman ini Beracun

Dibalik indahnya bentuk daun monstera, ternyata tanaman ini mengandung racun berbahaya jika tidak sengaja tertelan oleh hewan piaraan hingga manusia. Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh blankees, seekor tikus mati segera setelah mengunyah daun monstera.

Gejala yang ditimbulkan akibat keracunan monstera diantaranya rasa nyeri, aphonia (kehilangan suara), suara serak, pelepuhan hingga iritasi mulut.

Tanaman ini bisa berbuah ketika umurnya mencapai satu tahun. Bentuk buahnya seperti nanas yang didalamnya mengandung asam oksalat dengan kadar yang tinggi yang cukup berbahaya apabila sampai tertelan manusia.

Jika Anda di rumah memelihara hewan peliharaan dan mempunyai anak kecil sebaiknya jauhkan daun monstera dari jangkauan dan pastikan menempatkan tanaman ini di tempat yang aman.

  • Harga monstera dihitung per daun!

Dikarenakan jenis tanaman ini yang masih menjadi tren di kalangan penikmat tanaman hias maka harga yang yang ditawarkan juga masih tergolong tinggi. Harganya pun dihitung per daun. Harga daun monstera berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp. 1.200.000. Harga tersebut tergantung dari besar kecilnya daun monstera. Semakin besar ukuran daunnya, semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Bagi Anda yang ingin jual daun monstera dan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan dari hasil budidaya, sekarang adalah waktu yang tepat.

Demikianlah ulasan sipendik seputar 5 hal yang Harus Anda Ketahui tentang Daun Monstera. Semoga info yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda. Terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan. 🙂