ilustrasi - etika bisnis

Inilah Etika Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Sipendik.com – Ketika Anda di kantor bersama teman-teman sendiri tentunya suasananya lebih akrab dan bisa bekerja lebih rileks. Namun lain halnya ketika Anda bertemu dengan mitra kerja ataupun cliet, Anda harus bersikap sesuai dengan etika bisnis untuk menunjang keberhasilan Anda dalam menjalin sebuah relasi kerja.
Kali ini sipendik akan mengulas tentang Inilah Etika Bisnis yang Harus Anda Ketahui. Dikutip dari Barbara Pachter, pengarang buku ‘The Essentials Of Business Etiquette’ , sebuah buku yang menjelaskan tentang sebuah kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh seorang profesional ketika ia menghadapi suatu kondisi bisnis tertentu.

Pengertian Etika Bisnis

Etika Bisnis adalah suatu Suatu sikap yang harus Anda tunjukkan sebagai seorang profesional ketika menjalin relasi dengan rekan bisnis

Berikut ini Etika Bisnis yang Harus Dilakukan Oleh Profesional

1. Sampaikan Nama Lengkap Anda

Dalam suatu kondisi bisnis tertentu, Anda baiknya menyampaikan nama lengkap ketika berkenalan. Namun apabila nama Anda terlampau panjang atau mungkin susah disampaikan, disarankan untuk sedikit menyingkat nama Anda

2. Berdirilah Saat Mengenalkan Diri

Berdiri saat mengenalkan diri Anda bakal menegaskan akan hadirnya Anda. Bila kondisinya tidak mungkin Anda untuk berdiri, sekurang-kurangnya mundurkan kursi, serta sedikit membungkuk supaya orang lain menilai positif kesopanan Anda.

3. Katakan Terima Kasih Secukupnya

Saat pembicaraan bisnis dgn siapa saja, bos atau mungkin mitra perusahaan, Anda cuma butuh mengatakan terima kasih satu atau mungkin 2 x. Bila Anda mengatakannya terlalu berlebih, orang lain bakal melihat Anda sangatlah memerlukannya serta sangatlah butuh pertolongan.

4. Sebarkan perkataan terima kasih melalui e-mail sesudah pertemuan bisnis

Sesudah Anda merampungkan pertemuan usaha, kirimkan perkataan terima kasih dengan cara terpisah ke e-mail pribadi rekanan bisnis Anda. Pengiriman melalui e-mail sangatlah dianjurkan, mengingat saat tibanya bakal lebih cepat.

5. Janganlah duduk sembari menyilangkan kaki

Tidak cuma wanita, beberapa pria juga suka menyilangkan kakinya waktu duduk. Tetapi untuk keadaan kerja, posisi duduk seperti ini condong tak sopan. Diluar itu, posisi duduk seperti ini dapat juga punya pengaruh negatif ketika kesehatan Anda.

6. Tuan rumah yang perlu membayar

Bila Anda mengundang rekanan usaha Anda untuk makan diluar, maka Anda yang perlu membayar tagihan. Lantas bagaimana bila Anda seseorang wanita, sesaat rekanan usaha atau mungkin client Anda, lelaki, dan mau membayar? Anda terus harus menampiknya. Anda dapat menyampaikan, perusahaan yang membayarnya dan bukan berasal dari uang pribadi Anda

Inilah Etika Bisnis yang Harus Anda Ketahui, semoga dapat meningkatkan profesionalis Anda ketika menjalin relasi dengan mitra bisnis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *