Mau Investasi Emas? Kenapa Tidak!

harga emas hari ini

Sipendik.com – Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, salah satu jenis benda yang memiliki nilai jual yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Harga emas pun tiap tiap mengalami peningkatan, seiring dengan semakin terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas. Bagi Anda yang menginginkan perputaran uang secara cepat, mungkin pilihan investasi emas kurang cocok untuk Anda. Namun apabila Anda mempunyai dana yang belum akan terpakai dalam waktu dekat, investasi emas adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

Tentunya Anda kerap mencari informasi terkait harga emas hari ini, atau harga emas antam hari ini, di berbagai media surat kabar atau di internet. Hal tersebut memang penting dilakukan mengingat harga emas di pasaran pada kondisi tertentu mengalami sedikit kenaikan atau penurunan. Namun secara umum, harga emas cenderung stabil dan mengalami kenaikan dikarenakan faktor kelangkaan emas. Dengan kondisi yang kami sebutkan tersebut, seringkali emas dianggap tidak berpengaruh banyak pada efek inflasi di suatu negara, atau biasa disebut “zero inflation effect”.

Investasi emas merupakan salah satu dari beberapa jenis investasi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Beberapa jenis investasi diantaranya investasi saham, reksadana, obligasi maupun properti seperti rumah atau tanah. Emas selain digunakan sebagai alat investasi, namun juga dipakai sebagai koleksi dan perhiasaan.

Jadi Pilih Emas Perhiasaan atau Batangan?

Kami tidak menyarankan melakukan investasi emas berupa perhiasan karena memiliki beberapa kelemahan.

Walaupun bisa dijual kembali, namun nilai jualnya jauh dari harga pembelian. Hal ini karena dipengaruhi oleh:

  • Trend Fashion, penjualan tergantung pada trend perhiasaan yang lagi booming. Jika lagi ngetren tentu harga jualnya tinggi, namun jika sebaliknya maka harganya jauh menurun.
  • Adanya ongkos dalam pembuatan emas perhiasaan sehingga membuat harga perhiasaan menjadi mahal,
  • Emas perhiasan bersifat subjektif, apabila model tidak up to date maka harga jualnya juga jauh menurun.

Jadi untuk keperluan investasi, emas batangan adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Di Indonesia sendiri, jenis emas batangan dikeluarkan oleh Antam beserta sertifikatnya. Anda tidak harus mendapatkan emas batangan di kantor Antam, Anda bisa mendapatkannya di toko-toko emas terpercaya di kota Anda. Ada berbagai macam jenis ukuran emas batangan, mulai dari 5gr, 10gr, 25gr, 50gr hingga 100gr. Jadi Anda bisa menyesuaikan budjet sesuai kemampuan yang dimiliki.

Berikut ini tips penting investasi emas bagi Anda yang masih pemula

Ada beberapa tips penting bagi pemula yang ingin berinvestasi emas:

  • Tentukan tujuan dan target waktu investasi emas.
  • Sebaiknya berinvestasi pada emas batangan karena harga kebih stabil.
  • Penyimpanan masih memungkinkan untuk disimpan di rumah, tapi jika jumlahnya cukup banyak sebaiknya disimpan dalam SDB (safe deposit box) di bank.
  • Investasi emas akan menguntungkan jika dalam jangka panjang yaitu minimal 3 tahun.
  • Lakukan investasi emas secara sendiri tanpa melibatkan pihak lain misalnya MLM, untuk menghindari terjadinya penipuan.
  • Pastikan di Logam Mulia terdapat tulisan 9999, logo produsen ANTAM, berat logam dan nomer serinya sesuai dengan yang tertulis dalam sertifikat (berupa kertas kecil berhologram).

Itulah tadi artikel sipendik tentang cara aman investasi emas, temukan juga artikel kami tentang investasi dan peluang bisnis dari berbagai bidang. Selamat berinvestasi dan salam sukses selalu.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Menggunakan Ilmu Psikologi

12
SHARES

Tampilkan Komentar (1)

  • Sangat menarik memang investasi emas batangan, sebagai investasi jangka panjang kita juga perlu mengetahui sedikit banyak mengenai kwalitas emas batangan sebagai alat investasi, memang jika kita membeli investasi emas batangan di Antam tentu sudah diakui kwalitasnya namun apa bila ada perusahaan lain yang menawarkan emas batangan tentu lah diperlukan ketelitian sehingga kita tidak tertipu dengan iming iming emas batangan yang berkualitas rendah.