Ketahui Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

ilustrasi - gambar wortel

Sipendik.com – Anda pastinya sudah tidak asing dengan sayuran ini, Wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Wortel bisa dikonsumsi dalam keadaan masak maupun mentah. Beberapa olahan wortel yang sering kita jumpai yaitu jus wortel, masker wortel, ataupun makanan olahan lain. Kali ini sipendik akan mengulas mengenai Ketahui Manfaat Wortel Untuk Kesehatan.

Berikut ini Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Anda

1. Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Wortel kaya beta karoten (vitamin A), zat gizi utama yang dibutuhkan oleh mata. Senyawa ini memanglah tidak bisa mengobati kebutaan, tetapi bisa melakukan perbaikan keadaan mata disebabkan kekurangan vitamin A. Sifatnya yang anti-oksidan bisa menghindar katarak serta degenerasi makula yang sering menimpa beberapa lanjut usia.

2. Dapat Menurunkan Kandungan Kolesterol

Riset oleh Robertson dkk memperlihatkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi 200 g wortel mentah setiap harinya sepanjang 3 minggu, kolesterolnya turun sejumlah 11%. Demikian pula riset yang dikerjakan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x satu minggu, akan memperkecil resiko stroke sampai 68%. Sedang dari riset di Kampus Brussels di ketahui vitamin A yang terdapat didalam wortel bisa mencegah cacat serta kematian disebabkan stroke.

3. Obat Anti Kanker

Riset yang dikerjakan Marilyn Menkes, Ph. D di State University New York memperlihatkan orang yang badannya rendah kandungan beta karotennya berisiko terserang kanker paru-paru. Karena itu, beliau menyarankan supaya beberapa perokok untuk mengkonsumsi wortel serta bahan makanan yang lain yang tinggi karoten untuk menghindari kanker paru. Nyatanya, tak hanya kanker paru, betakaroten dan senyawa yang lain di dalam wortel terkandung zat anti-oksidan yang berkhasiat menurunkan resiko kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, serta payudara.

Untuk memperoleh khasiat wortel untuk antikanker, wortel butuh dimasak supaya senyawa karotennya terlepas. Dengan dimasak, kandungan karotennya naik 2 – 5 kali lipat.

4. Menangani Sembelit

Serat yang terdapat pada wortel menambah volume feses sampai 25% hingga masalah ke belakang jadi lancar.

5. Menyehatkan Kulit

Mereka yang rajin makan wortel, kulitnya yang awal mulanya kering dengan cara perlahan-lahan bakal terlihat sehat serta cemerlang.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan dalam wortel pun berguna untuk menambah ketahanan badan, mempercepat pengobatan luka serta peradangan yang dikarenakan oleh virus.

7. Memperlancar ASI

Kalsium yang terdapat pada wortel bakal menambah ASI, menguatkan tulang serta gigi.

Untuk menyimpanan wortel sebaiknya ditaruh di kantong plastik dan masukkan di kulkas. Namun, wortel sebaiknya jangan disimpan dalam waktu yang terlalu lama karena bisa mengakibatkan rasa pahit karena adanya peristiwa perubahan senyawa fenol menjadi isokumarin.

Itulah tentang Ketahui Manfaat Wortel Untuk Kesehatan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda, untuk hasil yang maksimal sebaiknya dikonsumsi secara teratur dan dalam dosis yang sesuai .

Baca juga : Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anda

Tampilkan Komentar (1)