ilustrasi - menanam jeruk nipis

Kiat Sukses Menanam Jeruk Nipis

Sipendik.com – Sebagian kalangan menilai menanam jeruk nipis itu susah, padahal jika kita mengetahui langkah-langkah menanam jeruk nipis secara benar kita akan cukup mudah untuk menanamnya. Kali ini sipendik akan mengulas tentang Kiat Sukses Menanam Jeruk Nipis.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tata cara menanam jeruk nipis dengan benar, alangkah baiknya kita perlu tahu tentang manfaat jeruk nipis. Banyak sekali manfaat jeruk nipis, baik untuk kesehatan, kecantikan dan lain sebagainya.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan :

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh ( Daya Tahan Terhadap Penyakit )
Kandungan Vitamin C yang tinggi dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit maupun kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Cara konsumsinya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan jeruk nipis dengan segelas air hangat.

2. Melancarkan Proses Pencernaan
Segelas air hangat dicampur dengan jeruk nipis dapat memberikan rangsangan dan pengaktifan proses pencernaan dalam tubuh, sehingga membantu menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat dan bugar

3. Menyembuhkan Batuk
Peras satu buah jeruk nipis ke dalam satu gelas air hangat dicampur dengan satu sendok madu dan sedikit garam, dapat membantu Anda meredakan batuk. Cukup konsumsi 2-3 kali sehari sehabis makan, lakukan sampai batuk Anda sembuh.

4. Menyembuhkan demam disertai flu
Panggang satu buah jeruk nipis hingga berwarna kecoklatan, kemudian peras lalu tambahkan satu sendok madu. Minum 2-3 kali sehari.

5. Membantu mengobati radang tenggorokan
Ambil 3 buah jeruk nipis yang sudah masak, kemudian peras. Campur air perasan jeruk nipis ke dalam 1/2 gelas air hangat, jangan lupa tambahkan 1 sendok madu lalu aduk hingga rata. Pakailah ramuan ini untuk berkumur selama 1-2 menit. Lakukan rutin 3 kali sehari.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan :

1. Memutihkan dan Menghaluskan Kulit Wajah
Caranya, campur perasan jeruk nipis yang sudah masak dengan putih telur kemudian oleskan secara merata pada wajah, tunggu hingga 20-30 menitan kemudian basuh dengan air dingin.

2. Menghilangkan Jerawat Membandel
Caranya cukup mudah, iris satu buah jeruk nipis menjadi 2 bagian kemudian oleskan pada wajah yang terkena jerawat. Disarankan untuk melakukannya secara rutin pada waktu sebelum tidur.

3. Menghilangkan Flek dan Noda Hitam Pada Wajah
Caranya hampir sama dengan mengobati jerawat, cukup oleskan perasan jeruk nipis pada wajah yang terkena flek dan noda hitam sebelum tidur. Lakukan Secara teratur dan rutin hingga noda dan flek hitam pada wajah menghilang.

Cara Menanam Jeruk Nipis di Pekarangan

Langkah-langkah budidaya jeruk nipis dengan mudah dan simple

1. Dalam perkembangbiakan jeruk nipis dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu biji, okulasi (sambung pucuk), dan sistem cangkok.

2. Tebar biji jeruk nipis yang sudah tua ke dalam permukaan pot yang sebelumnya tanah sudah digemburkan dan dicampur dengan pupuk kompos. Siramlah pada waktu pagi dan sore hari. Tunggu hingga 2 bulan sampai tumbuh tunas baru.

3. Kemudian tunas bibit jeruk nipis dipindahkan ke pot atau polibek dengan lebar 20-25 cm. Sebaiknya diletakkan di lokasi yang terkena sinar matahari langsung.

4. Apabila tingginya sudah mencapai lebih dari 50 cm, pindahkan ke polibek atau pot yang lebih besar yang berisi campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam lalu siram. Tempatkan di halaman yang terkena paparan sinar matahari langsung.

5. Apabila mau menanam di tanah, pilih lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Gali tanah sedalam +/- 25 cm (tergantung dari panjang akar), diamkan tanah galian tersebut selama 3 atau 4 hari supaya kadar asamnya berkurang. Tanamlah bibit jeruk nipis tersebut ke dalam tanah, kemudian tutup lubang dengan tanah dan berilah pupuk kandang secukupnya. Siram.

Begitulah Kiat Sukses Menanam Jeruk Nipis semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat Mencoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *