ilustrasi bisnis dropshipping

Melirik Potensi Kesuksesan Peluang Usaha Dropship

Sipendik.com – Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mendengar tentang istilah Dropship. Sebenarnya apa saja potensi kesuksesan peluang usaha dropship? Bagi saya peluang usaha menjadi dropship di masa sekarang sungguh menjajikan, terbukti dari tingkat peminat menjadi dropship tiap tahun semakin meningkat.

Sebelum saya melanjutkan lebih jauh, mari kita pahami dulu pengertian dari dropship. Dropshipping merupakan jasa pengiriman dan pengantaran barang mulai dari supplier sampai ke pembeli melewati perantara reseller. Contohnya saja saya memaparkan 10 deskripsi & gambar suatu barang dari kalangan supplier, selanjutnya saya menjual barang tersebut dengan cara menawarkan lewat media website saya atau pun facebook dan lain sebagainya.

Contoh kasusnya sebagai berikut :

Saya memeriksa suatu barang di amazon.com, lalu saya mengambil 10 barang paling berpotensi dan menaikkan harganya sebagai margin dengan profit sebesar 40% untuk tiap-tiap barang yang dijual. Barang itu lalu saya tawarkan ke rekan-rekan di Facebook dan jika ada rekan saya yang bersedia membelinya maka saya akan meminta dia untuk mengirimkan atau mentransfer uang ke saya lalu saya akan membeli barangnya dari amazon.com & meminta amazon.com mengirimkan barang itu kepada rekan saya.

Perlu Diperhatian! Dropshipping berbeda dengan makelar !

Perbedaan paling kentara antara makelar dan dropshipping ialah kerahasiaan pengirim barang, atau biasa disebut supplier yang mengirimkan suatu barang ke pembeli akan mencatat bahwa pengirimnya ialah reseller yang bersangkutan tersebut dan bukan supplier, maka jika pada waktu tertentu buyer mau beli suatu barang lagi, maka dia tidak bisa secara langsung melihat supplier namun melalui reseller.
Untuk gambarannya bisa diperhatikan gambar di bawah

diagram alur proses dropshipping
diagram alur proses dropshipping

Keuntungan usaha dropship

• Tidak membutuhkan modal untuk membeli suatu barang dikarenakan pembelian baru akan dilakukan jika ada permintaan
• Tidak membutuhkan gudang dan inventori
• Mempunyai customer sendiri karena buyer tidak mengetahui bahwa saya menggunakan metode dropshipping, sehingga tidak perlu khawatir kehilangan buyer tetap, contohnya jika si buyer ingin membeli lagi maka pada waktu pembelian berikutnya dia akan membeli lagi lewat saya.

Kelemahan usaha dropship

• Jika supplier mempunyai barang dengan persediaan terbatas, maka kita sebaiknya memantau persediaan supplier karena jika persediaan habis dan pada waktu yang sama ada permintaan maka kita wajib mencari dropship lainnya yang mempunyai persediaan barang yang sama atau kita harus mengembalikan uang yang sudah dikirimkan seandainya persediaan memang kosong atau habis. Sehingga untuk memantau dan mengkontrol kejadian seperti ini dibutuhkan aplikasi pengecekan stok atau persediaan, cohntohnya saja Outstockchecker.

Modal dalam memulai bisnis online

• Mempunyai komputer dan ketersediaan Internet atau memakai warnet juga bisa namun tidak kami direkomendasikan
• Mampu menghabiskan sebagian besar pekerjaan di depan komputer, tekun, tidak berhenti belajar dan tidak malas mengumpulkan informasi
• Diperlukan kemampuan dalam pemakaian internet, setidaknya mampu berkirim e-mail dan browsing internet
• Mengerti bahasa, direkomendasikan mampu bahasa Inggris, tidak harus sempurna yang penting mengerti dengan yang mekanisme web shop
• Mempunyai tabungan Bank, Credit Card berlogo Visa atau Master card untuk digunakan bertransaksi Internasional
• Uang seperlunya (tergantung macam bisnis onlinenya)

Demikianlah artikel sipendik tentang Potensi Kesuksesan Peluang Usaha Menjadi Dropship. Setiap memulai usaha dan bisnis dibutuhkan kegigihan dan ketekunan. Semoga bisnis Anda berjalan lancar dan pantang menyerah. Selamat berbisnis !!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *