bisnis menguntungkan

Membuat Bisnis Semakin Menguntungkan Part 2

Lanjutan Part 1

6. Optimalisasi Promosi

Cobalah pergi ke toko buku. Carilah buku-buku mengenai strategi pemasaran. Pahami ilmu pemasaran, apalagi di era serba cepat seperti ini. Ada beberapa media yang dapat Anda gunakan dalam melakukan promosi, yaitu:
Media internet, terutama melalui media jejaring sosial. Dalam situs jejaring sosial ada begitu banyak orang yang berinteraksi. Di dalamnya, Anda dapat menemukan teman lama, saudara jauh dan orang-orang yang bahkan belum pernah Anda kenali sebelumnya. Dengan berpromosi di situs jejaring sosial, promosi anda akan cepat dilihat oleh banyak orang.
Media koran dan majalah. Berpromosilah di majalah atau koran yang segmen pembacanya kemungkinan besar berpotensi menjadi konsumen Anda. Misalnya, jika Anda berbisnis di bidang olahraga, berpromosilah di majalah olahraga. Jika Anda berbisnis di bidang fashion, berpromosilah di majalah wanita dan fashion.
Promosi melalui komentar pelanggan Anda. Konsumen yang puas tidak akan segan mempromosikan bisnis Andakepada calon pelanggan lainnya. Jadi, Anda harus senantiasa menjaga kepuasan pelanggan. Perhatikanlah kualitas barang Anda, jangan sampai ada keluhan dari pelanggan.

7. Perluas Jaringan Relasi

Di masa sekarang, jejaring relasi sangatlah penting. Apalagi bagi Anda yang hendak menekuni bisnis. Bangunlah jejaring relasi yang baik dengan para pemasok barang yang Anda gunakan dalam memproduksi barang. misalnya bagi Anda yang akan berbisnis merangkai bunga, bangunlah jejaring relasi dengan pemasok bunga di kota Anda. Perluas juga jejaring relasi dengan pemasok bunga-bunga yang langka di pasaran misalnya bunga-bunga impor. Dengan jejaring relasi yang baik, mereka tidak akan segan membantu Anda jika kesulitan mencari jenis bunga.
Hubungannya dengan konsumen, jejaring sosial akan memperluas pangsa pasar Anda. Intinya, jejaring relasi akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang Anda jalani. Untuk itu, bangunlah jejaring relas yang baik antara pemasok maupun konsumen.

8. Selektif Memilih Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis. Dalam hal ini, kualitas sumber daya manusia yang ada dapat menjadi salah satu sumber kekuatan dalam pencapaian keberhasilan bisnis.
Karena itu, untuk meraih pencapaian optimal, Anda perlu selektif dalam memilih sumber daya manusia. Cermati latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjanya. Jika calon pegawai yang akan Anda rekrut itu adalah fresh graduate dan belum terlalu banyak memiliki pengalaman, pastikan bahwa dia adalah seseorang yang mau banyak belajar dan siap untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

9. Selektif Memilih Rekanan

Rekanan yang tepat dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi bisnis Anda. Rekanan dapat berperan sebagai penyuplai bahan baku atau barang-barang pendukung yang berhubungan dengan proses produksi Anda. Karena itulah, Anda perlu selektif dalam memilih rekanan. Pastikan bahwa produk yang mereka salurkan merupakan produk berkualitas baik. Hal ini sangat penting, demi kepuasan pelanggan yang akan membeli produk Anda. Pastikan Anda bekerja sama dengan rekanan yang terpercaya memang ahli di bidangnya.

10. Be Different, Be Creative

Di tengah geliat bisnis yang sangat deras ini, Anda tentu berhadapan dengan banyak pesaing bisnis. Dalam hal ini, Anda harus berani tampil beda. Amati pesaing-pesaing Anda pelajari apa saja yang menjadi kekurangan mereka, lalu sempurnakan dalam bisnis Anda.
Jangan lupa, curahkan seluruh kreativitas yang Anda miliki. Carilah hal-hal baru yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dalam hal ini pikiran anda harus senantiasa terbuka terhadap perubahan yang seringkali terjadi tanpa di duga. tingkatkanlah wawasan anda dengan banyak membaca referensi, baik dalam buku, artikel feature, atau tulisan – tulisan ringan yang ada di internet. dengan demikian, kemampuan kreatif anda akan semakin meningkat.
Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sentuhan kreativitas. anda harus kreatif dalam menciptakan desain baru dan juga kreatif dalam menciptakan ide pemasaran yang inovatif.

Demikianlah artikel sipendik tentang kiat-kiat membuat bisnis semakin menguntungkan, semoga bisa memberikan motivasi dan semangat Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Salam sukses..

Baca juga artikel kami yang lain: Peluang Usaha Kertas Bekas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *