cara bisnis yang menguntungkan

Membuat Bisnis Semakin Menguntungkan Part 1

Sipendik.com – Tentunya Anda yang masih baru atau sudah lama berkecimpung di dunia usaha, pastinya pernah mengalami masa kegundahan ketika usaha yang Anda jalani belum juga berkembang, akibatnya penghasilan yang didapat belum sesuai dengan ekspektasi. Kali ini sipendik akan mengulas secara khusus tentang Kiat-kiat Membuat Bisnis Semakin Menguntungkan. Kami akan membagi menjadi 2 part untuk ulasan kali ini guna memudahkan pembaca dalam memahami poin-poin yang kami sampaikan.
Berikut ini kita-kiat membuat bisnis semakin menguntungkan :

1. Pahami Peluang Bisnis

Bagaimana menciptakan peluang? Apakah Anda hanya duduk menunggu untuk mendapatkan uang. rang-orang sukses sebenarnya adalah orang-orang yang menciptakan peluang, bukan sekadar meraih peluang. Peluang bisa diciptakan, seperti pasar yang bisa diciptakan oleh produsen. Di sekeliling Anda sebenarnya banyak peluang bisnis yang bisa diciptakan, tinggal Anda pintar meneruskan peluang tersebut.

2. Tingkatkan Pengetahuan dan Atur Strategi

Dalam perjalanan bisnis, tentu Anda akan menemukan titik jenuh. Kejenuhan tersebut bisa bersumber dari rasa monoton. Selain itu, kejenuhan bisa juga bersumber dari bisnis yang Anda lakukan. Jika dibiarkan, tentu bisa berakibat fatal untuk kelangsungan bisnis Anda. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kejenuhan itu adalah penanaman pikiran-pikiran positif yang dapat membangkitkan semangat dan optimisme. Dalam hal ini. Anda perlu terus menggali dan memahami hakikat hobi yang Anda tekuni dalam hidup Anda.
Adapun salah satu langkah untuk mengatasi kejenuhan tersebut adalah dengan melakukan inovasi dan terus mengasah kreativitas terkait hobi yang sedang Anda tekuni. Misalnya, Anda yang memiliki hobi memasak dan memiliki bisnis kuliner, Anda perlu mencari-cari hal-hal baru terkait menu yang kan Anda sajikan. Dengan begitu, Anda akan terus menemukan hal-hal baru yang dapat menunjang bisnis Anda.
Dalam dunia bisnis, masalah pemasaran memegang peranan penting. Hal ini pun harus Anda perhatikan ketika akan memulai bisnis berbasis hobi ini. Kreativitas Anda harus tetap diasah agar konsumen tetap setia menggunakan atau membeli jasa yang Anda tawarkan. Dalam dunia pemasaran, masalah promosi memegang peranan penting. Oleh karena itu, optimalkan semua media promosi. Perhatikan pula media promosi yang paling berpengaruh. Sebagai bahan pertimbangan, jika dulu media promosi melalui media televisi pengaruhnya sangat penting, kini media internet justru dianggap lebih ampuh mempengaruhi konsumen.
Strategi pemasaran lainnya yang tidak kalah penting adalah menjaga konsumen tetap setia kepada Anda. Untuk itu, jagalah kualitas pelayanan atau barang yang Anda ciptakan. Jangan abaikan hal ini. Konsumen yang senag tentu akan mempromosikan bisnis Anda. Konsumen yang kecewa pun akan mempromosikan bisnis Anda secara negatif.

3. Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika merencanakan sebuah bisnis. Sebagai ilustrasi, jika Anda hendak menggeluti bisnis kedai makanan, pilihlah lokasi yang mengundang banyak konsumen. Pemilihan lokasi pun berdampak pada strategi pemasaran yang akan diterapkan. Jika bermaksud memilih konsumen para mahasiswa, Anda dapat memilih lokasi kedai makanan di lingkungan kampus. Strategi pemasarannya tentu Anda tidak bisa menjual makanan dengan harga yang mahal karena tidak akan dipilih oleh para mahasiswa. Strategi pemasaran yang bisa diterapkan adalah menjual makanan dengan harga terjangkau oleh mereka. Agar mendapatkan profit yang maksimal, lakukanlah diversifikasi usaha. Misalnya, kedai makan Anda bisa disewa para mahasiswa jika hendak mengadakan pesta perayaan ulang tahun atau semacamnya. Dari kreativitas Anda, akan didapat sumber profit lain selain dari penjualan makanan.
Selain berhubungan dengan strategi pemasaran, pemilihan lokasi juga berhubungan dengan besarnya cost yang harus Anda keluarkan. Pilihlah lokasi yang benar-benar strategis, artinya lokasi yang tidak menimbulkan cost besar dalam bisnis Anda. Perhitungkan lokasi yang benar-benar tepat.

4. Belajar dari Pengalaman Pebisnis Lain

Pernahkan Anda mendengar pepatah bahwa pengalaman adalah guru terbaik? Dengan memahami hobi dan mengasah kemampuan, tentu pengalaman Anda dalam mengelola bisnis yang didasari oleh hobi akan semakin meningkat. Selain itu, saat Anda menemui kendala maupun kegagalan, Anda dituntut untuk dapat menemukan solusinya. Dalam hal ini, Anda telah berhasil belajar dari pegalaman diri sendiri.
Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda belajar juga dari pengalaman orang lain, terutama dari orang-orang sukses dengan bisnis yang ditekuni melalui hobi. Anda tidak perlu gengsi untuk menyerap hal-hal positif dari pengalaman orang lain. Hal ini tentu akan memperkaya pengalaman Anda dan kemampuan Anda dalam mengelola bisnis.
Untuk iti, Anda dapat membaca buku mengenai orang-orang sukses berbisnis, baik itu bisnis berbasis hobi maupun bisnis dengan basis yang lainnya. Selain itu, Anda dapat pula berbincang-bincang dengan orang yang bergelut bisnis dengan basis hobi seperti yang Anda tekuni. Jangan lelah untuk bertanya. Jangan lelah untuk mencari ilmu. Jika usaha Anda sungguh-sungguh, tentu hasil maksimal yang akan Anda capai.

5. Terjun Langsung

Jika Anda termasuk orang yang punya modal besar ketika akan memulai bisnis, jangan serahkan tanggung jawab pengurusan bisnis kepada orang lain. Artinya, Anda mau tidak mau harus terjun langsung. Apalagi bagi pemula yang hendak terjun ke dunia bisnis. Dengan terjun langsung, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman berharga dan pembelajaran penting di lapangan.
Terjun langsung pun akan memungkinkan Anda mencermati naik dan turunnya bisnis yang dijalankan. Anda dapat bertindak cepat dan lebih preventif dalam mencegah hal-hal buruk yang mungkin menimpa bisnis Anda. Intinya dengan terjun langsung Anda akan meminimalkan resiko. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak mempercayai orang yang mungkin Anda libatkan dala bisnis ini. Jika suatu hari bisnis Anda berkembang, percayakan seseorang untuk mengemban tugas dan tanggung jawab. Akan tetapi, Anda harus tetap menjadi orang yang paling tahu mengenai jalannya bisnis yang dijalani.

Demikianlah artikel sipendik tentang Membuat Bisnis Semakin Menguntungkan Part 1 . Semoga bermanfaat

Bersambung di Part 2

Baca juga artikel kami sebelumnya: Peluang Usaha Supplier Bahan Baku Warteg

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *