Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Yang Menjanjikan

ilustrasi - memulai usaha bisnis kuliner rumahan

Sipendik.com – Untuk Anda yang memiliki hobi memasak tidak ada salahnya menyimak Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Yang Menjanjikan , tips ini sengaja kami sajikan untuk Anda yang memiliki kemauan untuk memulai bisnis kuliner. Banyak sekali dari kita tidak menyadari akan peluang usaha kuliner. Berbagai macam resep kuliner sudah banyak bertebaran di internet, Anda tinggal sedikit berkreasi dan improvisasi resep makanan yang tentunya dapat memberikan ciri khas pada makanan olahan Anda.
Memulai sebuah usaha kuliner memang gampang-gampang susah, Anda perlu menguasai beberapa trik supaya bisnis yang akan Anda jalankan sesuai dengan ekspektasi dan yang penting menjanjikan untuk dikembangkan.

Berikut ini Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Yang Menjanjikan

1. Cerdas dalam Menentukan Jenis Makanan

Sebaiknya Anda mulai menentukan jenis makanan apa yang akan Anda jual. Sipendik menyarankan Anda untuk memilih jenis makanan yang sudah Anda ketahui dan kuasai resepnya serta tahu cara pembuatannya. Susunlah prioritas berdasarkan tingkat kemudahan pembuatannya, seperti contoh jika Anda ingin membuka warung makan pecel lele maka Anda harus berusaha untuk membuat bumbu pecel yang nikmat dan menarik konsumen untuk kembali datang ke warung makan Anda.

2. Lakukan Survey Pasar

Melakukan survey pasar merupakan agenda wajib yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Lakukan survey pasar berkaitan dengan makanan apa yang belum dijual di tempat sekitar Anda. Usahakan jumlah pesaing tidak lebih dari 2 tempat, usahakan Andalah yang pertama dalam bisnis kuliner tersebut. Jika tidak ada pilihan lain Anda bisa membuat kuliner yang sama dengan pesaing namun perlu diingat, Anda harus melakukan improvisasi dan sedikit kreativitas agar produk Anda laku terjual.

3. Buat Pembeda pada Produk Anda

Apabila Anda membuka bisnis kuliner dan memiliki banyak pesaing, usahakan Anda menciptakan inovasi baru pada resep makanan Anda ataupun cara penyajian yang lebih kreatif. Misal, pesaing Anda menjual Ayam Goreng,usahakan anda membuat menu yang beda,atau jika memang menu yang sama usahakan membuat nama yang berbeda ,misalanya Ayam Goreng Ketawa,yang merupakan hal unik yang membuat orang penasaran untuk mencobanya.

4. Tentukan Harga Jual

Ketika memulai bisnis kuliner usahakan harga jual produk Anda sedikit lebih murah dari pesaing, namun perlu diingat Anda juga harus menghitung berapa jumlah keuntungan yang didapat jika dijual dengan harga tertentu. Walaupun Anda jual lebih murah, namun Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk yang dijual. Untuk awal memulai usaha, sipendik menyarankan Anda untuk membuat promosi dengan menawarkan harga promo sampai batas waktu tertentu. Namun semuanya kembali pada kebutuhan Anda.

5. Bersikap Ramah Kepada Konsumen

Bersikap ramah kepada konsumen merupakan sikap yang harus Anda lakukan. Buat konsumen Anda merasa betah dan ingin kembali ke warung makan anda. Apabila Anda mempunyai karyawan,usahakan karyawan tersebut bisa bersikap ramah kapada semua pelanggan.

6. Perhatikan Pesanan dari Pelanggan

Perhatikan pesanan dari pelanggan pada saat memesan menu,karena setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda,seperti admin kalo pesan bakso selalu meminta agar tidak di beri sambel,ini bertujuan agar pelanggan tidak kecewa.

7. Jagalah Kebersihan Tempat Usaha

Kebersihan merupakan daya tarik lain untuk pelanggan,karena pelanggan akan merasa nyaman pada saat makan ketika tempat usaha kita bersih dan jauh dari hal hal yang kotor,seperti sampah lalat dan sebagainya.

8. Lakukan Upgrade Bila Diperlukan

Jika pelanggan semakin banyak atau bahkan kita sudah memiliki pelanggan tetap usahakan,untuk merekrut tambahan pegawai dan lakukan pembesaran pada tempat usaha untuk meningkatkan mutu dari pelayanan usaha kita.

9. Buat Jam Operasional Tetap

Buat Jam Operasional tetap untuk mempermudah pelanggan dan menambah jumlah pelanggan tetap dengan cara mempatenkan jam buka dan jam tutup dari usaha kita, agar tidak membingungkan pelanggan.

10. Lakukan Promosi-Promosi

Dalam memulai sebuah usaha promosi dapat dikatakan sebagai salah satu pilar penting dalam memajukan sebuah usaha, meskipun mutu pelayanan kita tinggi namum tidak ada orang yang tahu,usaha kita tidak akan meningkat maka dari itu kekuatan promosi sangatlah penting,dan jaman teknologi sekarang akan mempermudah kita untuk melakukan promosi seperti di facebook, bc pada blackberry dan melalui website /blog.

Begitulah Memulai Bisnis Kuliner Rumahan Yang Menjanjikan, semoga dengan adanya artikel tutorial ini dapat membantu Anda untuk menyusun ide-ide bisnis kuliner yang sebelumnya belum terbayangkan. Dalam bisnis kuliner ini usahakan untuk konsisten dan tawakal karena pada masa-masa awal memulai usaha memang perjuangan yang dirasakan cukup besar namun jika konsisten dengan apa yng kita kerjakan, bukan tidak mungkin usaha kuliner Anda akan terus berkembang. Selamat berbisnis