Peluang Usaha Bioskop Mini

bioskop mini

Sipendik.com – Bagi Anda penggemar film, tentunya Anda akan sering pergi ke bioskop ataupun membeli DVD. Anda pasti tidak mau ketinggalan menonton film-film terbaru. Anda pasti rela mengeluarkan uang lebih untuk mengikuti perkembangan film terbaru. Tetapi bagaimana dengan film lama? nonton film lama bisa Anda lakukan dengan membeli DVD. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk berburu DVD. Selain itu, menonton DVD di rumah tidak seseru menonton film di bioskop karena tidak didukung dengan perangkat sound system yang mumpuni.

Masalah di atas membuka peluang Anda untuk membuka bioskop mini. Bioskop mini adalah sebuah konsep yang unik dan sederhana serta belum banyak yang mencoba segmen bisnis ini.Tentunya untuk membuka bisnis semacam ini diperlukan tempat yang strategis dan mudah dijangkau penikmat film.

Bioskop mini mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu privasi. Anda bisa menyewa ruang bioskop secara pribadi, lalu nonton bersama saudara, teman-teman atau rekan sejawat sambil makan-minum atau berbincang bebas. Dengan menonton bersama orang-orang yang Anda kenal, tentunya Anda bisa berteriak sepuasnya saat mnonton film horor atau tertawa terpingkal-pingkal ketika menonton fim komedi.

Konsep bisnis ini mirip dengan tempat karaoke, hanya bedanya pelanggan tidak menyanyi, namun menonton film. Pelanggan memilih sendiri film yang akan diputar, kemudian masuk ke ruangan yang disewa. konsep bisnis ini menyediakan lima ruangan berukuran 4 x 6 meter yang di dalamnya terdapat satu set peralatan home theater lengkap dengan sound systemnya, satu set meja dan kursi sofa, karpet, pendingin ruangan dan peralatan ruangan lainnya. Tiap ruangan memiliki daya tampung 10 hingga 20 orang. Sistem sewa ruang menggunakan tarif per jam dengan biaya sewa sekitar Rp. 40.000,00 per jam.

Langkah-langkah Persiapan

Untuk memulai bisnis ini, persiapan yang utama adalah menentukan daerah atau lokasi untuk bioskop mini pemilihan daerah yang strategis akan mempengaruhi jumlah pelanggan. Pilihlah daerah yang mudah dijangkau dan berada di pusat keramaian. Salah satu contoh pemilihan daerah yang strategis yaitu daerah kos-kosan mahasiswa ataupunapartemen. Daerah tersebut memberikan peluang yang cukup menjanjikan untuk bisnis yang akan Anda jalankan.

Setelah mendapatkan tempat yang strategis, langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuat ruangan bioskop mini. Pastikan tempat yang akan Anda sewa sudah terdapat toilet, sehingga Anda hanya perlu membuat ruangan bioskop mini. Buatlah ruangan dengan ukuran 4×6 meter, sebanyak 5 ruangan. Kemudian tentukan konsep desain interior ruangan. Dalam pengerjaan ini, tentunya Anda dapat meminta bantuan teman Anda yang ahli dalam desain interior. Sehingga ruangan yang Anda sediakan memiliki ciri khas tersendiri.

Langkah berikutnya yang Anda kerjakan adalah memasang peralatan home theatre dan sound system. Pastikan peralatan yang Anda gunakan memiliki spesifikasi yang memadai. Pilihlah merk yang Anda yakini mempunyai kualitas yang baik serta tahan lama. Selanjutnya penataan meja dan kursi sofa dalam ruangan. Sesuaikan meja dan kursi sofa dengan bentuk dan desain ruangan. Lakukan penataan sedemikian rupa sehingga mendapatkan tata ruang yang menarik dan nyaman.

Setelah mempersiapkan ruangan, hal penting lainnya adalah mendapatkan film. Pastikan film yang akan Anda putar adalah asli dan bukan bajakan. Anda dapat membelinya di toko film yang ada di kota Anda.

Selain menyiapkan modal awal Anda perlu memperhitungkan biaya operasional per bulan. Biaya per bulan terdiri dari gaji pegawai, sewa tempat, administrasi dan pemasaran, perlengkapan ruangan, listrik, air dan telepon. Anda juga perlu menyiapkan dana untuk meng-update koleksi film sehingga akan mempertahankan para pelanggan Anda. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan penyusutan dan biaya pemeliharaan peralatan.

Jurus Jitu Berpromosi

Untuk mempromosikan bisnis Anda, ada beberapa jurus jitu yang perlu Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut:

  1. Tentukan segmen pasar dan lapisan masyarakat yang akan dituju.
  2. Lakukan personal selling. Anda dapat mengabarkan terlebih dahulu pada kerabat atau teman terdekat. Nantinya, mereka akan mempromosikan kepada orang lain dalam cakupan yang lebih luas.
  3. Lakukan promosi dengan gencar melalui brosur, pamflet, spanduk dan selebaran. Anda dapat juga menggunakan jaringan internet dengan beriklan di website, facebook, twitter, atau membuat blog pribadi.
  4. Tentukan slogan yang mudah diingat. Mengingat bisnis ini masih jarang dilakukan, tentunya dengan penggunaan slogan yang tepat akan membuat bisnis ini mudah dikenal masyarakat.
  5. Gunakan konsep family atau refreshing pada bisnis ini. Dalam setiap promosi, konsep tersebut perlu Anda tonjolkan kepada para pelanggan.
  6. Berikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Terapkan senyum, salam dan sapa kepada setiap pelanggan. Kepuasan yang didapatkan oleh pelanggan akan secara otomatis menghasilkan efek kabar berantai yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.
  7. Terapkan quality control dalam bisnis Anda. Selalu jaga kualitas peralatan yang ada, dan tentunya keadaan ruangan yang senantiasa bersih, rapi dan harum.
  8. jangan ragu untuk memberikan diskon atau voucher khusus. Misalnya pemakaian ruangan bioskop mini selama 3 jam akan mendapatkan voucher gratis pemakaian ruangan selama satu jam untuk pemakaian berikutnya.
  9. Terapkan harga yang efektif. Tentukan dan analisis harga berdasarkan tingkat keramaian pelanggan. Harga sewa pada malam minggu tentunya lebih tinggi dibandingkan malam rabu, begitupun harga sewa pada hari minggu tentunya lebih tinggi daripada harga sewa pada hari kerja.
  10. Evaluasi dan perbaiki setiap kelemahan yang ada. Mintalah masukan dan komentar dari para pelanggan tanyakan tingkat kepuasan mereka serta perhatikan dan perbaiki apabila ada complain dari pelangggan.

ANALISIS BIAYA

A. Asumsi-asumsi

  1. Terdiri dari 5 ruang bioskop mini
  2. Waktu operasi per hari 12 jam
  3. Sewa tempat yang sudah ada fasilitas toiletnya.
  4. Penyusutan menggunakan metode garis lurus dengan masa manfaat 5 tahun
analisis-biaya-bioskop-mini

Perhitungan titik impas = investasi awal : laba usaha bersih

= 280.000.000 : 36.346.667

= 8 bulan

Modal awal dapat kembali dalam waktu 8 bulan

Demikianlah artikel sipendik tentang Peluang Usaha Bioskop Mini , semoga bermanfaat bagi pembaca 🙂

Baca juga: Peluang Usaha Food Photography ( Fotografer Makanan )