Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin

ikan patin

Sipendik.com – Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki ciri-ciri tubuh panjang berwarna putih perak dengan paunggung berwarna kebiru-biruan. Ikan ini dapat dikonsumsi oleh manusia. Biasanya, ikan patin diolah sebagai lauk pauk dan yang paling digemari adalah diolah menjadi abon ikan. Pada kesempatan kali ini sipendik akan mengulas tentang peluang usaha budidaya ikan patin beserta perkiraan analisis biaya. Untuk tata cara budidaya secara lengkap silahkan kunjungi artikel kami disini.

Sekarang ini, pemenuhan terhadap permintaan ikan patin masih dirasa sangat kurang. Padahal, ikan patin memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itulah ikan ini dikenal sebagai komoditi yang berprospek cerah. Ikan patin mendapat perhatian dan diminati oleh para pengusaha untuk membudidayakannya, tetapi belum sebanyak ikan air tawar lainnnya.
Anda juga memiliki peluang untuk berbisnis dan membudidayakan ikan patin. Teknik budidaya ikan patin sebenarnya relatif mudah. Jika memang berminat, Anda tidak perlu ragu untuk menjadikannya sebagai ladang bisnis.
Dahulu, pada walnya pemenuhan kebutuhan ikan patin hanya mengandalkan penangkapan dari sungai, rawa, dan danau sebagai habitat asli ikan patin. Seiring dengan meningkatnya permintaan dan minat masyarakat, ikan patin mulai dibudidayakan di kolam, keramba maupun bak dari semen. Permintaan ikan patin yang terus meningkat memberikan peluang usaha bagi setiap orang yang menekuni usaha budidaya ikan patin ini.

Langkah-langkah Persiapan Usaha

Sebelum memulai bisnis ikan patin, Anda harus mempersiapkan hal-hal berikut.
1. Pahami tahapan-tahapan budidaya ikan patin, baik dari tahapan pembenihan, pembesaran, sampai pemanenan. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber referensi atau bertanya kepada pakar di bidangnya. Sipendik sebelumnya juga telah menuliskan tentang tata cara budidaya ikan patin. Silahkan kunjungi tautan kami disini.
2. Persiapkan lahan yang akan dijadikan tempat pembudidayaan ikan patin. Persiapkan juga sarana dan prasarana penunjangnya. Janganlupa, pisahkan kolam pembenihan dan kolam pembesaran.
3. Cari refernsi atau rujukan tentang pusat penjualan benih ikan patin. Jalin relasi yang baik dengan mereka agar kedepannya Anda akan mengalami kemudahan jika membutuhkan sesuatu atau informasi terkait bibit patin.

4. Persiapkan benih patin dengan kualitas terbaik agar pelanggan puas dengan produk Anda.
5. Pekerjakan karyawan yang dapat diandalkan.

Strategi promosi usaha ikan patin

1. Memberitahukan bisnis Anda kepada saudara, kerabat, atau rekan terdekat Anda.
2. Promosikan juga produk Anda melalui jaringan media sosial seperti facebook, twitter, dan Blackberry Messenger. Dengan demikian, produk ANda akan semakin mudah diketahui oleh banyak orang, khususnya pengguna jejaring sosial.
3. Jalin hubungan baik dengan penjual benih patin.
4. Jaga kualitas produk agar selalu prima. Pelanggan yang puas tentu akan menginformasikan keistimewaan produk Anda kepada orang lain yang akan menjadi calon pelanggan baru Anda.

Analisis biaya.

[sociallocker]

A. Asumsi-asumsi
1. Penyusutan menggunakan metode garis lurus, masa manfaat 5 tahun.
2. Masa panen setelah 8 bulan.

analisis biaya budidaya ikan patin

[/sociallocker]

Itulah tadi ulasan sipendik mengenai Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Peluang Usaha Mengemas Sembako Kiloan

Oleh : Sigit_Rais dan Diangga_G. Ramadyan

Tampilkan Komentar (1)

  • Untuuk petani yg membutuhkan bibit patin sekala kecil n besar bisa hubungi di 083876775189