Peluang Usaha Budidaya Tokek

ternak-tokek

Sipendik.comTokek merupakan salah satu jenis reptil. Ia hampir sama seperti cicak, namun ukurannya lebih besar. Warna tokek pun berbeda dengan cicak. Biasanya tokek berwarna abu-abu bertotol-totol merah hampir di sekujur tubuhnya. Tokek biasa ditemukan di pepohonan pekarangan dan di atap rumah, terutama di pedesaan dan tepi hutan. Anda tentu tahhu bahwa tokek mempunyai suara khas yang membuatnya mudah dikenali. Pada kesempatan kali ini sipendik akan mengulas tentang peluang usaha budidaya tokek yang ternyata sangat menggiurkan dan jarang terpikirkan oleh sebagian besar masyarakat kita.

Ternyata tokek bisa dimanfaatkan sebagai obat. Dagingnya diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Begitu juga dengan bagian tubuhnya yang lain. Hal inilah yang menyebabkan harga tokek melambung tinggi. Anda tahu? Harga tokek dengan berat 2 ons saja bisa mencapai harga Rp. 2.000.000,- Jika beratnya lebih dari itu, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli satu ekor tokek. Di sinilah letak peluang bisnis membudidayakan tokek.
Bagaimana konsep bisnis tokek ini? Anda dapat menjadi pembudidaya tokek. Nanti, Anda akan menerima suplai tokek dari para pencari tokek dengan harga tertentu per ekor. Kemudian, tokek itu Anda pelihara hingga besar dan bobotnya bertambah. Semakin besar angka bobotnya, harga jualnya pun akan semakin tinggi. Di sinilah letak peluang Anda meraih keuntungan berlipat.

Langkah-langkah Persiapan

Pahami tahapan-tahapan budidaya tokek, baik dari tahapan pembenihan, pembesaran, sampai pemanenan.

Persiapkan lahan yang kan dijadikan tempat pembudidayaan tokek. Persiapkan juga sarana dan prasarana penunjangnya.
Jalin kerja sama yang baik dengan pencari tokek yang nantinya akan menjadi penyuplai tokek untuk Anda budidayakan.

Langkah-langkah Promosi

1. Beritahukan bisnis Anda kepada saudara, kerabat, atau rekan terdekat Anda.

2. Promosikan juga produk Anda memlalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan Blackberry Messenger. Dengan demikian, produk Anda akan semakin mudah diketahui oleh banyak orang, khususnya pengguna jejaring sosial.
3. Jalin hubungan baik dengan para”pemburu” tokek. Pelihara tokek agar mencapai bobot optimal.

Analisis Biaya

    A. Asumsi-asumsi

1. Tempat bisnis di rumah, mengabaikan investasi tanah dan bangunan

2. Penyusutan menggunakan metode garis lurus, masa manfaat 3 tahun.

[sociallocker]

analisis biaya budidaya tokek

[/sociallocker] Demikianlah artikel kami tentang Peluang Usaha Budidaya Tokek , semoga bisa memberikan gambaran Anda dalam memulai usaha bisnis budidaya tokek. Salam sukses..

baca juga artikel sipendik yang lain : Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin

Referensi:

Sigit_Rais dan Diangga_G. Ramadhan