Peluang Usaha Cuci Motor Modal Kecil

peluang usaha cuci motor

Sipendik.com – Aktivitas masyarakat Indonesia yang semakin padat membuat masyarakat kurang memperhatikan kebersihan bahkan untuk hal-hal yang kecil seperti kebersihan motor, padahal musim di negara ini semakin tidak menentu sehingga hujan kapanpun bisa turun, hal inilah yang bisa menyebabkan kendaraan menjadi mudah kotor, masyarakat kemudian malas mencuci kendaraan jika setiapkali harus mencuci kendaraan. Maka Anda harus mencoba peluang usaha cuci motor ini untuk memanfaatkan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan keuntungan.

Tips memulai usaha :

  1. Carilah tempat usaha yang strategis dan dekat jalan raya sehingga lebih mudah dicari
  2. Menyediakan tempat usaha cuci motor/mobil Anda ini dengan luas tempat minimal sebesar 3×4 m dengan luas tersebut dapat menampung 2-3 motor secara berjajar (buatlah tempat yang sederhana dulu untuk mencari modal tempat yang lebih besar)
  3. Menyiapkan alat-alat operasional seperti : pompa air (usahakan penempatan dekat dengan sumber air), kompresor, busa pencuci motor, kain (kanebo), sikat.
  4. Mencari tenaga kerja yang pekerja keras (lebih bagus lagi jika sudah berpengalaman). Buka lowongan untuk pekerja minimal sejumlah 2-3 orang, salah satunya menjadi administrasi untuk melayani pembayaran dan keluhan konsumen
  5. Buatlah seragam untuk pekerja Anda untuk menambah kepercayaan konsumen Anda

Tips promosi :

  1. Buatlah papan nama atau banner yang menuliskan tentang kelebihan-kelebihan usaha Anda (dengan menambah fasilitas seperti : ruang tunggu ber AC, memberi jaminan pencucian selesai selama 15 menit).
  2. Buatlah promosi misalkan dengan 5 kali cuci mendapatkan diskon cuci motor sebesar 50% untuk pencucian ke 6
  3. Promosikan kemedia sosial tentunya dengan berbagai macam kelebihan yang usaha Anda punya (untuk bersaing dengan usaha yang lain)
  4. Bekerjasamalah dengan lembaga-lembaga atau industri yang menyediakan produk sampo motor dan lain-lain

Kendala usaha :

  1. Pada saat listrik mati otomatis operasional akan terhenti dikarenakan seluruh operasional dari usaha ini menggunakan listrik
  2. Limbah cair yang terbuang dapat mencemari lingkungan jika tidak di olah terlebih dahulu, limbah cuci motor ini banyak mengandung bahan kimia yang merusak ekosistem air sungai, jadi sebaiknya Anda berkonsultasi pada ahli lingkungan terlebih dahulu untuk pengolahan limbahnya

Kunci sukses usaha :

Kunci sukses bisnis ini terletak pada kepuasan konsumen terhadap pelayanan administrasi dan juga kebersihan dari pencucian motor, jika pelayanan usaha Anda ini dilakukan dengan baik maka konsumen Anda akan merasa puas dan akan terus menjadi pelanggan setia Anda

Analisis keuangan :

  1. Pengeluaran
Sewa tempat Rp 1.500.000
Renovasi tempat usaha (untuk penempatan alat operasional) Rp 1.000.000
Biaya beli peralatan operasional Rp 10.000.000
Gaji karyawan (3 x Rp 700.000)/ bulan Rp 2.100.000
Listrik dan air Rp 300.000
Jumlah Rp14.900.000
  1. Penghasilan

Jika biaya cuci motor sebesar Rp 8000/ motor, dengan waktu pencucian selama 15 menit, maka selama 1 jam Anda dapat mencuci motor sebanyak 4 motor, jika karyawan Anda bekerja selama 8 jam lamanya maka dapat mencuci motor sebanyak 32 motor.

Penghasilan per hari = Rp 8000 x 32 motor = Rp 256.000

Hari kerja karyawan perbulan 30 – 4 (hari minggu) = 26 hari

Penghasilan per bulan Rp 256.000 x 26 hari = Rp 6.656.000

Maka Anda dapat menutup modal awal Anda selama 2,5 bulan, setelah itu Anda hanya perlu menggaji karyawan dan membayar pajak listrik dan air, sehingga keuntungan yang besar bisa Anda dapatkan.

Demikian artikel sipendik seputar Peluang Usaha Cuci Motor semoga bermanfaat. Semoga sukses.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Peluang Usaha Rental Mobil Modal Kecil