Peluang Usaha Jasa Cleaning Service Rumah

ilustrasi - Jasa Cleaning service rumah

Sipendik.com – Tentunya setiap orang menginginkan sebuah rumah yang bersih, nyaman serta sehat. Kondisi rumah yang demikian itu membuat penghuni rumah menjadi lebih sehat, bugar dan mengurangi rasa stress karena aktivitas pekerjaaan. Namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk membuat rumahnya menjadi bersih, nyaman dan sehat, apalagi bagi Anda yang sibuk dengan aktivitas pekerjaan. Oleh karena itu, mereka membutuhkan bantuan jasa cleaning service rumah. Apabila Anda tinggal di daerah perkotaan, peluang usaha jasa cleaning service rumah akan sangat menggiurkan. Seperti apa bentuk bisnis ini, simak penjelasan sipendik di bawah ini.

Bedakah Jasa Cleaning Service Rumah dengan Jasa Asisten Rumah Tangga?

Tentunya berbeda, apabila Anda ingin mendapatkan jasa asisten rumah tangga, Anda harus menghubungi agen asisten rumah tangga atau mengandalkan hubungan perkenalan dengan sanak saudara yang ada di desa. Selain itu, jika Anda menggunakan jasa asisten rumah tangga, Anda harus mengeluarkan biaya per bulan, per minggu atau bahkan per hari (sesuai kesepakatan).
Sedangkan untuk jasa cleaning service rumah, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Dalam artian, Anda dapat memanfaatkan jasa yang sama seperti asisten rumah tangga namun dalam hitungan per jam. Karena hitungannya per jam, maka pemanfaatan jasa cleaning service tentunya lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, karena dikelola oleh sebuah perusahaan maka jasa cleaning service rumah tentu saja profesional, kualitas hasil pekerjaannya pun lebih terjamin.

Melihat begitu memikatnya peluang usaha ini, maka tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan dan memulai bisnis jasa cleaning service rumah.

Langkah-langkah Penting Persiapan

1. Target Pemasaran Anda
Kalangan mana sajakah yang akan menjadi target pemasaran bisnis Anda? Apakah untuk rumah tangga, atau perkantoran. Mulai dari kalangan menengah, menengah ke atas dan sebagainya. Carilah informasi mengenai kondisi bisnis serupa di kota Anda apabila memungkinkan.

2. Jadilah Pelopor Bisnis
Jika di kota Anda belum terdapat bisnis serupa karena masih sangat jarang terlacak, itu sangat baik. Jadi, bisnis yang akan Anda tekuni akan menjadi pelopor di kota Anda. Jangan lupa, tetap nomor satukan kualitas pekerjaan Anda.

3. Modal Usaha
Modal usaha yang Anda butuhkan untuk bisnis ini paling banyak terserap untuk belanja peralatan. Apa saja peralatannya? Di antaranya sapu, pengki, sikat, kain pel, kain lap, dan ember. Untuk peralatan elektronik, Anda membutuhkan mesin vacuum cleaner atau penyedot debu. Ada juga untuk alat lain yang harganya cukup mahal seperti polisher untuk memoles permukaan keramik, marmer, teraso atau granit.
Apabila modal Anda bisa untuk membeli peralatan yang lengkap, alangkah lebih baik. Namun jika modal usaha Anda masih cukup terbatas, Anda bisa membeli beberapa peralatan yang dianggap pokok. Barulah jika usaha Anda mengalami perkembangan, segera melengkapi peralatan yang belum sempat terbeli untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan.

4. Siapkan Bahan-bahan Pembersih
Dalam memulai usaha bisnis jasa cleaning service rumah, bahan pembersih wajib dimiliki. Anda bisa memanfaatkan bahan pembersih bermerek dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp 20.000,- per liter. Bisa juga menggunakan bahan pembersih alternatif memanfaatkan pembersih curah senilai Rp. 8000,- per liter untuk mengoptimalkan perolehan keuntungan.
Anda pun bisa memberikan penawaran terhadap pelanggan mengenai bahan pembersih yang akan digunakan. Bisa jadi di antara pelanggan Anda ada yang memang sudah terbiasa menggunakan satu jenis pembersih tertentu. Dengan demikian, pelanggan Anda pasti akan lebih puas.

5. Siapkan Kendaraan Operasional
Sediakan juga alat transportasi untuk digunakan oleh pegawai Anda, bisa mobil atau motor. Apabila modal Anda masih cukup terbatas, anda bisa menggunakan kendaraan pegawai Anda untuk keperluan operasional bisnis. Tentunya Anda harus memberikan uang bensin khusus untuk keperluan opeasional perusahaan.

6. Strategi Promosi
Salah satu jenis media promosi yang cukup bagus digunakan untuk mempromosikan usaha Anda adalah melalui media massa. Media ini bisa berupa elektronik maupun media cetak. Anda bisa beriklan di iklan baris di koran maupun melalui radio. Selain itu memasang banner di tempat-tempat strategis di kota Anda bisa menjadi salah satu pilihan dalam mempromosikan usaha Anda.
Selain itu Anda bisa melakukan promosi menggunakan media internet seperti iklan facebook, twitter, instagram, maupun iklan di google adwords.
Promosi lain yang cukup tradisional namun berpengaruhyaitu menggunakan sistem door to door, dengan mendatangi langsung calon pelanggan Anda untuk sekadar membagikan pamflet atau penjelasan singkat. Walaupun cara terakhir tersebut banyak penyita waktu dan tenaga, namun cara tersebut merupakan langkah luar biasa dalam strategi promosi.

Analisis Biaya Usaha

[sociallocker]

      A. Asumsi-asumsi

         1. Kantor pemasaran dilakukan di rumah, mengabaikan investasi tanah dan bangunan

         2. Penyusutan menggunakan metode garis lurus

Analisis biaya peluang usaha jasa cleaning service

[/sociallocker]

Demikianlah artikel sipendik tentang Peluang Usaha Jasa Cleaning Service Rumah . Semoga bermanfaat bagi Anda dalam memulai berbisnis. Salam sukses

Referensi:

Sigit Rais & Diangga G. Ramadyan ( Bisnis Menguntungkan yang jarang terlacak )

Baca juga: Mau Investasi Emas? Kenapa Tidak!

Tampilkan Komentar (2)