Peluang Usaha Jus Buah dan Sayur Organik

bisnis toko buah dan sayur organik

Sipendik.com – Racun bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh dengan berbagai cara. Untuk mengeluarkannya, Anda tidak perlu melakukan perawatan yang mahal. Salah satu cara yang efektif untuk mengeluarkan racun dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi jus buah dan sayur organik. Sayur organik mengandung zat antioksidan 10-5-% di atas sayuran non organik. Zat antioksidan dikenal sebagai pembasmi radikal bebas yang mendorong terjadinya berbagai gangguan kesehatan, termasuk kanker. Sayuran non organik mengandung asam salisilat hampir enam kali lipat sayuran organik. Sayuran dan buah organik mengandung vitamin C dan mineral esensial, seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi dan krom, lebih tinggi dibanding dengan yang non organik. Sipendik akan mengulas secara khusus tips dan langkah-langkah memulai usaha jus buah dan sayur organik. Berikut ini ulasannya;

Manfaat jika kita membiasakan diri mengonsumsi makanan organik:
1. mengurangi asupan bahan kimia beracun ke tubuh
2. menghentikan kemungkinan masuknya sel-sel produk pertanian hasil rekayasa genetika yang sampai kini belum diketahui bahaya dan akibatnya
3. Meningkatnya asupan nutrisi bermanfaat, diantaranya vitamin, mineral, asm lemak esensial dan antioksidan
4. menurunkan resiko kanker, jantung koroner, alergi dan hiperaktivitas pada anak.
Mengingat pentingnya manfaat buah dan sayuran organik, hal ini tentunya suatu kesempatan bagi Anda untuk bergerak dalam bisnis ini. Anda pastinya telah memiliki pangsa pasar tentunya sehingga Anda hanya perlu mengintensifkan promosi bisnis Anda. Pada era modern ini, banyak orang yang mulai beralih dari makanan non organik ke makanan organik. Tentunya hal ini merupakan sebuah peluang emas yang sayang untuk dilewatkan.

Langkah-langkah Persiapan

Untuk memulai bisnis ini,langkah pertama yang Anda lakukan adalah mencari dan menentukan supplier buah dan sayuran organik. Pilih supplier yang memberikan harga dan kualitas yang terbaik. Jalin hubungan yang harmonis dengan supplier, bangun kepercayaan bisnis, hal tersebut akan mempermudah langkah Anda selanjutnya dalam menjalankan bisnis ini. Langkah selanjutnya adalah menyewa tempat strategis yang sesuai dengan pangsa pasar. Pemilihan tempat ini merupakan poin penting yang tidak boleh Anda abaikan. Tempat yang strategis akan mempermudah operasi bisnis Anda dan meningkatkan jumlah penjualan.
Modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini tidak terlalu besar. Bisnis dengan desain kafe dan layanan pesan antar ini memerlukan peralatan yang digunakan untuk membuat jus buah dan sayur organik, antara lain blender, pisau, baskom tempat sayur dan buah serta peralatan lain yang dibutuhkan.Anda juga memerlukan peralatan penyajian seperti sendok, gelas dan sedotan.
Desain tempat bisnis ini berupa kafe. Desain ini tentunya memerlukan peralatan meja dan kursi, serta desain interior ruangan. Hal ini akan menarik minat pembeli untuk singgah di tempat Anda. tak lupa juga Anda tambahkan peralatan hiburan seperti televisi,DVD beserta peralatan sound system untuk memanjakanpara pembeli sehingga mereka merasa nyaman dan puas berada di tempat Anda.Anda juga memerlukan alat transportasi berupa sepeda motor untuk layanan pesan antar. Dalam layanan pesan antar ini, tetapkan area mana yang dapat dijangkau.
Selain menyiapkan modal awal, Anda perlu menghitung juga biaya operasional per bulan. Biaya operasional bisnis ini terdiri dari bahan baku jus buah dan sayuran organik, sewa tempat perbulan, gaji karyawan, bahan pelengkap, biaya pemasaran dan administrasi dan biaya operasional lainnya.

Jurus Jitu Berpromosi

Untuk mempromosikan bisnis Anda, ada beberapa jurus jitu yang perlu Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut:
1. Menentukan dan menganalisis segmen pasar yang dituju dan mendapatkan informasi gambaran karakteristik pembeli.
2. Personal selling, yaitu memberikan free sample jus buah dan buah organik kepada pelanggan dan ikut serta dalam pameran food dan baverage
3. Lakukan promosi secara intensif dengan media brosur, pamflet, spanduk dan sebagainya. Jangan lupa berikan diskon khusus dan voucher.
4. Manfaatkanlah jaringan internet. Anda dapat beriklan gratis di facebook, twitter, instagram, kaskus atau membuat blog pribadi.
5. Selalu menekankan manfaat buah dan sayur organik untuk kesehatan dalam setiap promosi yang dilakukan.
6. Jaga kualitas agar pelanggan puas. Berikan jaminan produk dalam setap dagangan Anda.
7. Gunakan startegi penetapan harga. Harga yang sesuai dengan segmen pasar dan lapisan masyarakat yang dituju dapat meningkatkan jumlah penjualan.
8. Lakukan analisis pesaing dan jangan pernah ragu untuk memberikan harga yang bersaing
9. Tentukan wilayah pemasaran dan jalur distribusi yang tepat.

Analisis Biaya

A. Asumsi-asumsi
1. Penyusutan menggunakan metode garis lurus, masa manfaat 5 tahun
2. Menyewa tempat dengan deain kafe dan layanan pesan antar. [sociallocker]

analisis biaya bisnis buah dan sayur organik

[/sociallocker]

Demikianlah artikel sipendik seputar Peluang Usaha Jus Buah dan Sayur Organik, semoga dapat memberikan inspirasi pembaca dalam memulai usaha jus buah dan sayur organik. Salam sukses.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Peluang Usaha Merangkai Bunga

7
SHARES

Tampilkan Komentar (1)