peluang usaha kue donat

Peluang Usaha Kue Donat

Sipendik.com – Makanan apa yang berbentuk bulat dan berlubang di tengahnya? Jika diberi pertanyaan seperti ini, besar kemungkinan orang akan memberi jawaban “kue donat”. Memang masakan yang satu ini cukup dikenal dan disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari donat yang dijual di pasar hingga donat yang bermerk terkenal.

Saat ini banyak kalangan menyukai donat, selain rasanya yang empuk, donat juga memiliki rasa yang gurih sekaligus empuk, donat juga memiliki variasi tepung yang beraneka ragam. Jika menyukai coklat, maka toping bisa menggunakan cokelat tabur atau bisa juga dikombinasikan sesuai dengan selera. Dengan pasar yang luas, maka menjadikan peluang usaha kue donat ini benar-benar menjanjikan untuk dikembangkan.

Kelebihan Usaha

Donat merupakan makanan yang sudah sangat luas dikenal oleh masyarakat. Sehingga pemasaran tidak terlalu susah untuk dilakukan. Apalagi sekarang donat masih belum begitu diminati oleh sebagian besar pengusaha makanan. Ini menjadi salah satu alasan kenapa Anda perlu membangun bisnis ini. Anda bisa berkreasi menggunakan aneka rasa buah-buahan dan toping.

Kendala Usaha

Kendala yang sering dihadapi oleh pengusaha kue donat yaitu donat yang diproduksi terkadang tidak terjual habis. Untuk mengantisipasi kerugian karena hal tersebut, sebaiknya dilakukan evaluasi terus-menerus di bidang penjualan, meliputi kualitas rasa sampai dengan kemampuan penjualan per hari.

Tips Memulai Usaha Kue Donat

  • Usaha ini membutuhkan keahlian khusus. Yaitu keahlian membuat donat. Jika Anda ingin menekuni bisnis kue donat, sebagai langkah awal usaha carilah resep cara pembuatan kue donat. Jika Anda sudah mahir dalam pembuatan kue donat, Anda bisa bereksperimen dan berkreasi dengan aneka jenis toping.
  • Persiapkan tempat usaha. Untuk produksi kue donat bisa dilakukan di rumah. Tetapi untuk penjualan sebaiknya di tempat yang strategis, seumpama di tepi jalan raya atau bisa juga dengan membuka stand di area depan supermarket-supermarket dan tentu saja dengan sistem sewa tempat.
  • Untuk pemberian toping sebaiknya dilakukan saat ada konsumen yang membeli. Hal ini supaya konsumen bisa memilih dan mengkombinasikan sendiri toping yang diinginkan.

Tips Pemasaran dan Promosi

  • Buatlah brosur tentang usaha Anda, cantumkan macam dan ragam variasi toping yang Anda sediakan. Jika Anda membuka stand di area depan supermarket, Anda dapat membagikan brosur tersebut kepada para pengunjung.
  • Sebagai sarana promosi,buatlah beberapa sampel donat dan beri berbagai macam jenis toping. Bagikan sampe tersebut kepada para pengunjung supaya pengunjung mengetahui rasa dari produk donat Anda.

Kunci Sukses Bisnis

Kunci sukses terletak pada cita rasa kue donat. Berikan variasi toping yang beragam. Usahakan sistem produksi kue dan penjualan dilakukan dalam satu hari, sehingga kue donat tersaji dalam keadaan fresh dan selalu baru. Hal ini untuk menjaga kualitas rasa karena donat akan semakin keras jika semakin lama tidak terjual.

Selain membuka stand, Anda juga bisa menjual kue donat dengan cara dititipkan ke warung-warung atau toko-toko. Penjualan dilakukan dengan cara langsung diberi yoping pada proses produksi dan dikemas dengan menggunakan kemasan plastik. Jangan lupa mencantumkan nama usaha Anda pada setiap kemasan plastik dan pada gerobak stand.

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Peralatan dapur
  • Peralatan pembuatan kue
  • Kompor dan tabung gas
  • Wadah stainless
  • Kemasan plastik
  • Gerobak stand

Analisis Keuangan

Modal Awal
1Gerobak stand

1.000.000

2Peralatan dapur dan peralatan membuat kue

2.000.000

3Wadah stainless 4 buah

200.000

4Kompor dan tabung gas

750.000

Total(peralatan digunakan selama 4 tahun)

3.950.000

 

Pengeluaran Per Bulan
1Pembelian plastik kemasan dan kantong plastik

200.000

2Bahan baku

2.500.000

3Bahan-bahan variasi toping

1.000.000

4Gaji 1 orang pegawai

700.000

5Transportasi

100.000

6Biaya penyusutan alat(Rp. 2.950.000 : 48 bulan)

82.300

Total

Rp. 4.582.300

Asumsi Pendapatan

Pendapatan per bulan ( 100 donat x Rp. 2.500 x 30 hari)Rp. 7.500.000,-
Keuntungan per bulan ( Rp. 7.500.000 – Rp. 4.582.300 )Rp. 2.917.700

Begitulah artikel sipendik  tentang Peluang Usaha Kue Donat, tentunya siapa saja bisa menjadi pengusaha. Tidak terkecuali Anda. Salam sukses.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *