Peluang Usaha Laundry Modal Kecil

usaha-laundry

Sipendik.com – Laundry merupakan jasa yang menawarkan cuci setrika, usaha Laundry ini semakin meningkat terus menerus ini disebabkan oleh padatnya penduduk dan kesibukan penduduk yang mungkin tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka. Usaha Laundry ini tidak hanya berkembang pesat di perkotaan namun sudah masuk hingga lingkungan pedesaan, sehingga usaha ini memang sangat diminati khususnya oleh ibu rumah tangga, sehingga jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki usaha sampingan untuk menambah pendapatan rumah tangga maka Anda bisa mencoba beberapa tips yang akan sipendik bagikan seperti berikut,

Tips-tips dalam memulai usaha laundry

1. Pilihlah lokasi yang strategis

Lokasi dalam menjalankan usaha ini haruslah memilih tempat yang strategis dengan cara mendekatkan tempat usaha pada tempat yang sekiranya memiliki peluang yang tinggi seperti tempat yang dekat dengan perguruan tinggi, tempat tersebut memiliki peluang tinggi yang disebabkan mahasiswa yang banyak kegiatan mungkin tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka, selain itu daerah perumahan juga bisa dijadikan peluang.

2. Lakukan survey

Lakukan survey ditempat-tempat strategis tersebut, cari tempat yang sekiranya belum banyak persaingan

3. Sediakan ruangan yang cukup

Usaha ini memang membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk kegiatan mencuci dan menyetrika pakaian pelanggan, jika Anda menggunakan mesin cuci tentu akan banyak ruang yang terpakai belum lagi untuk penyetrikaan dan penjemuran pakaian yang tentunya membutuhkan lahan yang cukup luas.

4. Cari alat elektronik untuk memudahkan pekerjaan Anda

Lakukan survey alat-alat elektronik seperti mesin cuci dan setrika di beberapa tempat, carilah tempat penjualan dengan harga yang miring, sehingga modal yang Anda gunakan tidak terlalu banyak.

Alat dan bahan yang harus Anda siapkan dalam usaha ini

  1. Mesin cuci
  2. Setrika
  3. Detergen dan pengharum pakaian
  4. Timbangan
  5. Keranjang (tempat pakaian kering)
  6. Plastik pembungkus baju jadi
  7. Lemari
  8. Kalkulator

Tips promosi usaha

1. Berikan layanan terbaik

Jika Anda sudah memulai bisnis ini maka jangan lupa untuk memberikan layanan yang terbaik, dengan cara tersebut Anda bisa mempertahankan dan menambah pelanggan. Dengan pelayanan yang bagus maka dapat meningkatkan pelanggan seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambahkan jumlah pekerja atau mesin cuci untuk mempercepat selesainya cucian, menawarkan produk pewangi pakaian dan bisa juga menambahkan jasa antar laundry.

2. Harga standar

Berikan harga stAndar yang sudah umum, jangan biarkan harga laundry Anda lebih tinggi dari yang lain, ini disebabkan oleh tingginya persaingan usaha ini.

3. Sebarkan brosur

Sebarkan brosur yang menunjukkan kelebihan-kelebihan usaha Anda ini seperti dengan keharuman, kerapian, keramahan dan harga yang terjangkau.

4. Pasang spanduk

Pasang spanduk di depan usaha Anda ini supaya bisa menarik pelanggan dan sebagai petunjuk usaha Anda untuk menarik pelanggan

Kendala usaha

1. Banyak persaingan

Usaha laundry ini memang kemungkinan akan banyak persaingan yang disebabkan kemudahan dan banyaknya kebutuhan masyarakat akan hal tersebut, sehingga pintar-pintarnya Anda untuk mempertahankan pelanggan Anda dengan meningkatkan pelayanan.

2. Diperlukan pengolahan limbah

Limbah laundry yang mengandung banyak fosfat dapat mencemari lingkungan yang akan menyebabkan kerusakan ekosistem sungai, sehingga diperlukan pengolahan khusus untuk mengurangi pencemaran

Kelebihan usaha

1. Modal kecil

Dalam usaha laundry ini memang tidak banyak modal yang dikeluarkan, lebih-lebih jika Anda tidak menggunakan mesin cuci, Anda hanya harus menyiapkan setrika dan detergen untuk mencuci.

2. Pendapatan banyak

Jika lokasi yang Anda gunakan tepat dan mendapatkan pelanggan yang sudah lumayan maka pendapatan Anda akan semakin banyak.

Demikian artikel kami seputar Peluang Usaha Laundry Modal Kecil , semoga bermanfaat untuk pembaca. Selamat berbisnis.

Simak juga: Ide Bisnis Pet Shop Pembawa Keuntungan Besar