Peluang Usaha Mengemas Sembako Kiloan

peluang usaha mengemas sembako kiloan

Sipendik.com – Sembako merupakan bahan-bahan kebutuhan utama yang dicari oleh banyak orang setiap hari. Jelas, berbisnis sembako merupakan ladang untuk meraup profit yang sangat menjanjikan. Akan tetapi, dari hari ke hari bisnis jenis ini makin marak. Melihat tingginya kebutuhan masyarakat terhadap sembako, banyak orang yang tertarik untuk menekuni bisnis yang menggiurkan ini. Kali ini sipendik akan mengulas tentang Peluang Usaha Mengemas Sembako Kiloan. Bagi Anda yang masih meragukan jenis bisnis ini, simak artikel kami tentang kisah sukses bisnis sembako tautan disini.

Bagi Anda yang ingin berbisnis sembako, cobalah mencari konsep lain dalam bisnis tersebut. Salah satunya adalah mengemas sembako kiloan. Konsepnya sama seperti berjualan sembako pada umumnya, tapi kali ini Anda hanya perlu membagi-bagi sembako ke dalam kemasan satu kiloan, tentunya dengan kemasan yang menarik. Kemudian, Anda distribusikan ke rumah-rumah, warung makan, atau penjual eceran dimana salah satu jalan mendapatkan pelanggannya adalah melalui internet.
Bisnis semacam ini mampu menambah tebal kocek Anda. Dengan membeli sembako kiloan Anda, pelanggan akan mendapat banyak kemudahan. Di antaranya adalah efisiensi tenaga dan waktu karena sembako kiloan yang dipesan dapat langsung diantar ke tempat tyjuan. Jelas, ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama di tengah arus kesibukan masyarakat yang makin akrab dengan segala sesuatu yang serba mudah. Jadi, tanpa harus membuang-buang energi, pelanggan Anda cukup memesan dari rumah, dan tugas Anda mengantarkan pesanan mereka.
Selain memenuhi kebutuhan harian, Anda juga dapat memasok kebutuhan bulanan. Semua itu tergantung pada kebutuhan masing-masing pelanggan.

Langkah-langkah persiapan

Untuk memulai usaha ini, Anda harus menentukan terlebih dahulu pangsa pasar. Anda dapat menjual kepada rumah tangga, mahasiswa, warung nasi, dan lain-lain. Selanjutnya, persiapkanlah sejumlah modal yang akan dipergunakan untuk memulai bisnis ini. Setelah itu, carilah distributor yang menjual sembako skala besar dengan harga murah dan tentunya berkualitas prima. Dalam hal ini, Anda harus banyak memiliki rekanan distributor. Selain itu, Anda juga perlu memiliki pengetahuan tentang sembako sehingga bisa membedakan antara sembako yang berkualitas prima dengan yang biasa saja. Usahakan Anda selalu menggunakan sembako yang kualitas terbaik.

Strategi Promosi

Untuk mempromosikan bisnis ini, ada beberapa jurus jitu yang perlu Anda perhatikan, antara lain sebagai berikut.
1. Anda dapat memanfaatkan rekan-rekan dan sanak-saudara dengan memberitahukan kepada mereka tentang bisnis yang sedang Anda geluti
2. Anda bisa berpromosi dengan memberikan free sample agar calon pelanggan bisa tahu kualitas barang dagangan Anda.
3. Manfaatkan jaringan internet. Anda dapat beriklan di facebook, twitter, kaskus, atau membuat blog pribadi
4. Jaga kualitas dagangan Anda agar pelanggan puas. Kepuasan yang didapat oleh pelanggan akan secara otomatis menghasilkan efek kabar berantai yang tidak pernah Anda duga sebelumnya
5. Jangan pernah ragu memberikan harga yang bersaing. Anda jangan terlalu ngotot untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Raihlah keuntungan secukupnya sehingga harga jual tidak terlalu mahal. Jangan pernah berpikir Anda mengalami kerugian jika hanya mengambil sedikit keuntungan dari setiap item yang Anda jual. Anda tahu? Semakin terjangkau harga produk yang Anda jual, semakin banyak calon pelanggan yang akan berpaling pada Anda. Jelas, semakin banyak pelanggan, meskipun keuntungan dari tiap item produk yang Anda jual hanya sedikit, keuntungan Anda akan berlipat karena keberadaan banyak pelanggan

Analisis Biaya

A. Asumsi-asumsi

1. Tempat bisnis di rumah, mengabaikan investasi rumah dan bangunan
2. Penyusutan menggunakan metode garis lurus
3. Kapasitas pengemasan 500kg per hari.

[sociallocker]

analisis biaya usaha mengemas sembako kiloan

[/sociallocker]

Demikianlah artikel sipendik tentang Peluang Usaha Mengemas Sembako Kiloan. Semoga bermanfaat

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Cleaning Service Rumah

Oleh:

Sigit_Rais & Diangga_G. Ramadyan