Peluang Usaha Rental Mobil Modal Kecil

peluang-usaha-rental-mobil

Sipendik.com – Mobil sudah bukan menjadi barang yang mewah bagi masyarakat saat ini tetapi lebih pada kebutuhan masyarakat yang membutuhkan bepergian dari satu tempat ketempat lain baik bertamasya maupun acara khusus. Peluang usaha rental mobil kini memang sedang gencar di Indonesia, mengingat sektor pariwisata di Indonesia kini semakin meningkat pesat dan banyaknya masyarakat yang ingin pergi-pergi dengan mobil pribadi sehingga bisa merasa bebas dan juga biaya yang terjangkau bisa untuk satu keluarga. saat ini masyarakat memang sedang gemar bertamasya untuk refreshing atau hanya sekedar mencari tempat untuk berfoto ria, sehingga rental mobil ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Dalam bisnis ini Anda cukup menyediakan satu atau 2 mobil sudah memberi Anda keuntungan yang lumayan, jika Anda mempunyai mobil bukan lagi menjadi permasalahan Anda hanya tinggal merentalkan mobil milik Anda tersebut dan tinggal menawarkan pada pelanggan Anda kemana mereka ingin bepergian (lebih bagus lagi jika Anda menawarkan paket liburan). Namun jika Anda belum mempunyai mobil, pemasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan kredit mobil, misalnya :

Harga mobil avansa bekas Rp 100.000.000

Bisa dilakukan pembayaran secara kedit dengan Dp misalnya Rp 10.000.000 dengan cicilan Rp 3.000.000 setiap bulan selama 3 tahun.

Bila dalam sebulan Anda bisa merentalkan mobil sebanyak 30 hari dalam sebulan, dengan biaya rental 1 hari sebesar Rp 350.000 (24 jam + supir) maka Anda per bulan akan mendapatkan sebesar :

Rp 350.000 x 30 hari = Rp 10.500.000 setiap bulannya (satu mobil)

Maka dengan pendapatan tersebut Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar :

Rp 10.500.000 – Rp 3.000.000 (cicilan mobil) = Rp 7.500.000 dalam waktu sebulan, maka jika dilakukan selama 3 tahun Anda bisa menjadi pemilik mobil tersebut sekaligus bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya.

Dalam bisnis ini Anda bisa menyediakan sopir dan bekerja sama dengan teman-teman Anda untuk bisa menjadi sopir, atau Anda sendiri yang bisa menjadi sopirnya, otomatis Anda akan bisa mendapatkan untung yang lebih banyak bahkan bisa bertamasya gratis.

Tips memulai usaha

  1. Carilah mobil yang paling murah (tapi berkualitas) dan pembayaran bisa menggunakan cicilan
  2. Lakukan promosi dimedia sosial Anda dan menyebar brosur, berikan paket liburan yang menarik
  3. Berikan fasilitas yang lebih bagi pelanggan Anda
  4. Berikan harga yang umum saja jangan lebih tinggi dari harga biasanya
  5. Carilah sopir yang sudah Anda kenal dan benar-benar Anda percaya

Tips pemasaran promosi

  1. Anda harus memperbanyak koneksi teman Anda sebagai ajang promosi
  2. Anda harus aktif dimedia sosial, tidak hanya untuk menulis status namun untuk mempromosikan bisnis Anda
  3. Sebarkan brosur dan berikan fasilitas yang lebih sehingga bisa menarik bagi pelanggan Anda
  4. Setiap pelanggan Anda diminta untuk menuliskan kritik dan saran suapaya Anda bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan Anda

Kendala bisnis

  1. Anda harus menyediakan biaya khusus untuk berjaga-jaga jika mobil Anda rewel dan harus dibawa kebengkel. Untuk menganggulanginya Anda harus rajin serviskan mobil rental Anda supaya terhindar dari yang namaya mogok
  2. Pelayanan dari sopir sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga Anda atau sopir Anda haruslah ramah pada pelanggan

Kunci sukses bisnis ini

Kunci sukses dalam bisnis ini adalah ketika Anda bisa menyediakan apa yang dibutuhkan dari pelanggan Anda seperti memberikan paket liburan yang bisa dipilih oleh pelanggan sendiri dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Anda.

Demikianlah artikel sipendik seputar Peluang Usaha Rental Mobil Modal Kecil semoga menginspirasi Anda untuk memulai usaha. Salam sukses.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Kreatif “Dompet dari Sampah Plastik”