7 Alasan E-mail Surat Lamaran Kerja Ditolak HRD

7 kesalahan dalam mengirim surat lamaran kerja via e-mail

Sipendik.com – Apakah anda sering ditolak dalam melamar kerja? Anda bahkan sudah sering mengirimkan surat lamaran, memperbaiki CV, namun hasilnya tetap sama, lamaran anda masih saja ditolak oleh HRD. Sebaiknya anda perlu menyimak artikel
Kali ini sipendik akan mengulas kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pencari kerja dalam mengrimkan e-mail lamaran kerja sehingga lamaran sering ditolak.

Berikut ini mengenai 7 alasan E-mail Surat Lamaran Kerja Ditolak HRD

1. Perhatikan Subyek E-mail Sebelum Anda mengirimkan Lowongan Pekerjaan
Sering kali ditemui para pelamar pekerjaan yang tidak memperhatikan subyek email yang akan dikirimkan ke bagian HRD perusahaan. Dalam contoh kasus pencari kerja hanya menuliskan kata “lowongan kerja” pada subjek e-mail, sehingga akan memberikan kesan bahwa anda hanya akan memberikan info pekerjaan kepada HRD. Saran sipendik sebaiknya anda menuliskan perihal maksud anda mengirimkan e-mail disertai dengan posisi yang anda minati.
Berikut ini sipendik akan memberikan contoh kasusnya :

Sesuaikan perihal anda dan posisi yang akan anda lamar

2. Surat Lamaran Kerja Tidak Dicantumkan Tanggal Pengiriman dan Tanggal Kedaluarsa
Dalam beberapa kasus sipendik sering menemui surat yang deadline pengiriman pada bulan Mei 2014 namun pelamar menulis per tanggal 13 Desember 2013.

Kesalahan menuliskan surat lamaran pekerjaan

Sebaiknya anda memperhatikan dan teliti sebelum mengirimkan lamaran kerja. Salah sedikit saja pihak HRD tidak akan mempertimbangkan anda untuk direkrut dalam perusahaannya. Saran sipendik sebaiknya anda menuliskan surat lamaran pada body e-mail. Untuk persyaratan yang lain dapat anda taruh di attachment. Perhatikan gambar di bawah

contoh penulisan lamaran kerja di email

3. Tidak Memperhatikan Nama Attachment
Bagian ini merupakan salah satu poin penting dalam mengirimkan lamaran kerja. Perhatikan gambar berikut:

kesalahan menuliskan attachment

Saran sipendik sebaiknya anda menuliskan nama attachment sesuai dengan dokumen yang anda kirimkan. Contohnya jika anda mengirimkan scan ijazah sebaiknya anda tulis dengan ijazah, bukan dengan tulisan 1.jpg atau yang lain. Lebih bagus lagi jika anda mengkompres dalam satu file sehingga lebih ringkas dan mudah direview oleh HRD. Berikut contohnya:

Contoh penulisan attachment yang baik

4. Ukuran Attachment Terlalu Besar
Dalam mengirimkan surat lamaran kerja ke e-mail sebaiknya berukuran kurang dari 5MB, Anda bisa menggunakan fasilitas compress memakai aplikasi winrar. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap penerimaaan lamaran anda oleh HRD, karena terkadang kapasitas e-mail HRD tidak sebesar e-mail pada umumnya. Akan sangat disayangkan jika surat lamaran anda tidak dapat terbaca secara maksimal oleh pihak HRD.

5. Menggunakan Bahasa SMS dalam Menulis Lamaran
Akan sangat disayangkan jika para pencari kerja menuliskan surat lamaran secara asal-asalan dan tidak mempertimbangkan kosa kata baku bahasa Indonesia. Beberapa pelamar menuliskan surat lamaran menggunakan gaya SMS yang disingkat-singkat. Hal ini akan memberikan kesan tidak serius  anda sebagai pelamar. Pihak HRD akan secara langsung menyisihkan anda dari daftar rekrutmen perusahaannya. Gunakan bahasa baku yang mudah dipahami reviewer, tunjukkan keseriusan anda dalam melamar pekerjaan
Berikut contoh kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar:

contoh surat lamaran yang memakai kosa kata menyerupai SMS

6. Tuliskan Keahlian dan Pengalaman Kerja Anda
Pihak HRD akan sangat mempertimbangkan anda untuk memanggil interview, jika anda menjelaskan keahlian serta pengalaman. Sebagian pelamar hanya menuliskan keahlian saja tanpa memberikan tulisan tentang pengalaman kerja sebelumnya. Berikut kesalahan yang sering dibuat pelamar kerja:

contoh kesalahan penulisan keahlian dalam surat lamaran kerja
contoh kesalahan penulisan pengalaman kerja dalam surat lamaran kerja

Saran sipendik sebaiknya anda menjelaskan secara singkat dan cukup intinya saja.

contohnya (keahlian) :

Jaringan : saya mampu merancang dan memasang Large scale LAN, bisa radio dan sebagainya..
Microsoft excel : saya menguasai beberapa formula & fungsi dasar,  saya mampu menggunakan excel dengan semua formula nya
Photoshop : Walaupun tidak begitu mahir, namun saya sanggup melakukan editing photo.
HTML,CSS : saya dapat mengetahui dan memahami konsep HTML dan CSS sepenuhnya
C# : saya bisa MVVM , saya bisa membuat aplikasi dengan cepat

(Pengalaman):
Misalnya anda dahulu berpengalaman menjadi teknisi, anda sebaiknya menjelaskan dahulu di perusahaan A yang saya kerjakan adalah mereparasi PC, selain itu pernah ikut proyek cyber campus, dsb..
Selanjutnya di perusahaan B saya sebagai admin yang saya kerjakan yaitu membuat laporan harian, mingguan, dan sebagainya..

7. Alamat E-mail yang Terkesan “ALay”

Sesuaikan nama e-mail anda dengan nama asli anda.

contohnya :

Nama : Antony Firmanto

Rekomendasi nama e-mail : antony.firmanto@xxxxx.com

Demikianlah 7 Alasan Kenapa Email Lamaran Kerja Anda Ditolak. Sebaiknya anda perlu cermat dalam mengirimkan lamaran kerja, karena akan berpengaruh terhadap tingkat profesionalitas anda sebagai pelamar.

Sekian dan Semoga Sukses.

Demikianlah artikel sipendik seputar 7 Alasan surat lamaran kerja ditolak . Semoga bermanfaat bagi Anda. Semoga sukses