Tips Praktis Budidaya Ikan Patin di Air Tawar

ilustrasi - budidaya ikan patin

Sipendik.com – Kali ini sipendik akan mengulas tentang Tips Praktis Budidaya Ikan Patin di Air Tawar. Peluang usaha ikan patin untuk sekarang ini cukup menjanjikan, terlihat dari semakin tingginya permintaan konsumen akan ketersediaan ikan patin. Namun sayangnya peluang usaha ini banyak yang tidak mengetahuinya. Jika sekarang Anda membaca artikel kami, yakinlah bahwa Andalah salah satu orang yang akan sukses berbudidaya ikan patin. Amin

Ikan patin merupakan salah satu ikan yang cepat dalam pertumbuhannya, apabila Anda memberikan makanan tambahan pada ikan patin sejak mulai pembibitan, maka pada waktu usia 6 bulan panjangnya bisa mencapau 35 -40 cm. Untuk menghasilkan perkembangan yang maksimal sebaiknya ikan patin dibudidayakan pada kolam dengan air yang mengalir secara teratur. Ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga rendah kolesterol.

Cara Budidaya Ikan Patin di Air Tawar

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyediaan tempat berkembang biakan ikan patin :

  1. Tentukan tipe tanah berlempung atau tanah liat yang  tidak berporos, karena tanah tipe yaitu tanah yang bagus untuk jadikan kolam tempat pemeliharaan ikan.
  2. Tentukan tanah yang mempunyai kemiringan 3 sampai 5 %, supaya aliran air ke kolam bisa lebih gampang dengan cara gravitasi.
  3. Apabila Anda mempunyai pilihan memastikan langkah budidaya ikan patin dengan memakai system jala apung, maka tentukan sungai yang mempunyai arus lambat.
  4. Tentukan habitat ikan patin yang mempunyai kwalitas air yang bersih, upayakanlah air tidak terlampau keruh, air juga tidak bisa tercemari dengan bahan kimia ataupun limbah.
  5. Upayakanlah suhu air di kisaran 26 sampai 28 derajat celcius waktu saat penetasan telur jadi larva yang siap untuk dimasukan ke akuarium. Untuk daerah yang mempunyai suhu air yang cenderung rendah, diperlukan heater maupun pemanas supaya suhu air terus stabil dan memcapai suhu yang maksimal.
  6. Upayakanlah agar mempunyai kolam air yang memilikii keasaman seputar 6, 5 sampai 7.

Langkah-langkah pembenihan ikan patin di kolam air tawar sebaiknya ditentukan dahulu tempat kolam peternakan yang tempatnya dekat dengan sumber air dan bebas banjir. Untuk mempermudah system pengairan ke kolam ikan patin, baiknya kolam di bangun di tempat-tempat yang landai dan mempunyai kemiringan 3 sampai 5 %. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar air bisa lancar dan lancar mengalir ke kolam.

Itulah Tips Praktis Budidaya Ikan Patin di Air Tawar. Peluang usaha ikan patin sungguh menjanjikan, mengingat permintaan pasar akan ketersediaan ikan sangat tinggi. Selamat Berbisnis Ikan..

Baca juga: Cara Praktis Budidaya Jamur Merang di Rumah