Untung Besar Dari Bisnis Ternak Kenari

gambar - ternak kenari

Sipendik.com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan burung kenari, burung yang memiliki warna beraneka ragam ini punya banyak penggemar, tidak terkecuali dengan Anda bukan.. Tidak hanya warna yang cantik namun kicauannya bisa menjadi obat penyegar dan penghilang stres, apalagi bagi Anda yang seharian menjalani rutinitas kerja. Sipendik pada kesempatan kali ini akan mengulas lebih dalam mengenai Untung Besar Dari Bisnis Ternak Kenari.

Apakah Anda sekarang ini hanya sebagai penikmat burung kenari ? jika iya, tidak ada salahnya jika Anda mulai sekarang menyalurkan hobi Anda menjadi sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Apalagi sekarang sudah semakin banyak orang-orang pelihara burung kenari sekadar untuk menyalurkan hobi ataupun sebagai burung kenari kontes.

Sekarang ini jenis kenari semakin banyak, apalagi para peternak atau breeder semakin gencar melakukan persilangan berbagai jenis kenari, akibatnya jenis-jenis kenari baru banyak bermunculan. Namun perlu diingat, ternak kenari tidaklah semudah yang dibayangan. Perlu trik-trik khusus sehingga piaraan kenari bisa tumbuh dengan sehat dan berkicau nyaring. Tapi sayangnya dari beberapa peternak burung kenari sebagian ilmunya disimpan sendiri, tanpa mau membagikan kiat-kiat sukses ternak kenari. Oleh karena itu, sipendik akan mencoba mengulas secara lebih jelas apa saja rahasia-rasasia sukses ternak kenari hingga menghasilkan untung besar.

Cara Sukses Ternak Kenari

Kenali Dulu Karakteristik Burung Kenari

Beberapa keunggulan dan kelebihan burung kenari yang perlu Anda ketahui sehingga burung ini layak untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan ;

  • Burung Petarung

Pada habitat aslinya kenari dikenal sebagai burung petarung. Kicauannya yang indah dengan suara melengking sebagai pembuktian bahwa burung ini ingin diakui kejantanannya.  Hal ini yang menjadi salah satu faktor pecinta burung berbondong-bondong ingin segera membawanya pulang untuk dipelihara.

  • Mudah Dijinakkan

Burung kenari akan mulai berkicau keras apabila bertemu dengan pemiliknya. Burung ini mudah untuk dijinakkan karena memang sebelumnya kenari ini pada umunya diperoleh dari penangkaran hewan ternak yang sebelumnya sudah dipelihara oleh peternak atau breeder. Oleh karenanya kenari akan cepat mengenali pemiliknya dengan mengeluarkan kicauan merdu melengking. Inilah salah satu kharakteristik burung kenari yang tidak akan kita temukan dari jenis burung yang lain. Jadi, bisnis ternak kenari ini layak untuk Anda pertimbangkan.

  • Tidak Gampang Stres

Kharakteristik kenari yang ketiga yaitu tidak gampang stres. Apabila ingin bisnis ternak kenari tidak perlu khawatir, burung ini tidak mudah stres. Walaupun kerap dipindah kandangkan, burung kenari tetap akan berkicau. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan kenari yang tidak dimiliki oleh burung lain. Biasanya jenis burung lain akan mengalami stres jika dipindah kandangkan, akibatnya burung enggan untuk berkicau. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda kerap melihat burung kenari memenangkan berbagai jenis kontes kicau.

  • Birahinya Gampang Naik

Burung kenari memiliki ciri yang gampang naik birahinya khususnya untuk burung jantan. Hal ini bisa memudahkan para peternak untuk mengembangbiakkan kenari.

  • Mudah Beradaptasi

Burung ini sejatinya merupakan jenis burung endemik dari Afrika dan Eropa. Namun karena kemampuannya beradaptasi di lingkungan baru, maka burung kenari sangat layak untuk diternakkan sekaligus dipelihara.

Bisa Bedakan Kenari Betina Dan Jantan

Jika Anda ingin memulai bisnis ternak kenari, sudah menjadi barang mutlak Anda harus mengetahui cara membedakan kenari jantan dan betina. Bagi Anda yang masih pemula, berikut ini kami sampaikan cara menentukan kelamin kenari jantan dan betina;

  • Bentuk Telur

Bentuk dari telur jantan pada umumnya memiliki bentuk lonjong atau oval sedangkan kenari betina mempunyai bentuk agak bulat.

  • Bentuk Tubuh

Jika Anda melihat kenari jantan, secara kasat mata bentuknya lebih langsing dan ramping dengan bentuk tubuh memanjang, sedangkan kenari betina biasanya bentuknya bulat atau buntek.

  • Kicauan Kenari

Pada kenari jantan yang berumur kurang ± 1 bulan, biasanya akan terus mengoceh. Sedangkan kenari betini lebih banyak diam.

Kenali Umur Kenari Siap Ternak

Dalam ternak kenari, Anda perlu memperhatikan umur ideal kenari siap untuk diternakkan. Kami sarankan untuk memilih kenari siap ternak yang umurnya tidak terlampau tua dan terlalu muda. Umur paling ideal untuk ternak kenari ± 6 bulan untuk burung kenari betina dan umur ± 8 bulan untuk kenari jantan. Sedikit berbeda dengan kenari pada umumnya, jenis kenari Yorkshire siap ternak minimal umur 1 tahun, karena jenis kenari ini lebih lama dalam mencapai birahi.

Persiapan Kandang dan Peralatan Ternak

Ternak kenari memang tidak mudah, namun juga tidak sesulit yang dipikirkan. Dalam ternak kenari perlu memperhatikan segala sesuatunya bahkan sampai hal terkecil sekalipun. Kebanyakan dari para peternak kurang memperhatikan hal-hal yang dianggap sepele, namun sangat mempengaruhi kualitas dari kesehatan dan kicauan kenari.

Contoh kesalahan sepele yang sering dilakukan oleh peternak yaitu penempatan posisi kandang kenari. Apabila salah dalam penempatan posisi kandang kenari, siap-siap saja binatang pemangsa akan mengintai kenari Anda. Penempatan posisi kandang kenari yang ideal yaitu kandang atau sangkar tidak menempel pada dinding serta sangkar kanan dan kiri jangan lupa ditutup. Posisikan sangkar atau kandang kenari di tempat yang tidak terjangkau oleh hewan penganggu semacam serangga, cicak, tikus dan hewan pemangsa lain.

Anda bisa menggunakan kapur serangga atau biasa disebut kapur ajaib di sekeliling sangkar kenari untuk menghalau gangguan dari beberapa jenis serangga semisal semut dan kecoa. Apabila Anda menggunakan sangkar atau kandang besar dalam ternak kenari, sebaiknya diolesi oli untuk tiap-tiap kaki kandangnya. Untuk mencegah serangan dari tikus, bisa menempatkan sangkar pada dinding. Namun terkadang tikus pun bisa melewati celah yang kita buat, solusinya dengan memakai kandang yang kokoh terbuat dari bahan alumunium. Walaupun sebenarnya tikus hanya mau mengambil pakan kenari namun kita tidak boleh lengah, karena bisa saja tikus memangsa kenari kita.

Gambar – Ternak Burung Kenari

Penjodohan Kenari

Apabila Anda sudah memiliki sepasang kenari jantan dan betina yang sudah cukup usia dan siap diternakkan, Anda bisa langsung memakainya dalam tahap perjodohan. Proses penjodohan kenari yaitu dengan cara menempatkan kenari jantan dan betina pada 2 sangkar yang berbeda dan ditaruh pada posisi yang berdekatan. Kesalahan yang sering dilakukan oleh peternak pemula yaitu secara buru-buru memasukkan kenari jantan dan betina pada satu wadah, akibatnya terjadi kegagalan dalam perjodohan karena belum tentu kenari yang kita pasangkan sudah cocok satu sama lain.

Menempatkan posisi kandang jantan dan betina secara berdekatan adalah sebagai upaya untuk melihat bagaimana kesiapan kedua burung sebelum kita kawinkan. Apabila kedua kenari tersebut kita jadikan dalam satu kandang, namun tidak cocok maka kedua kenari tersebut bisa bertengkar.

Cara Meningkatkan Birahi Kenari

Di bawah ini kami sampaikan rahasia meningkatkan birahi burung kenari ;

  • Perbanyak makanan bergizi, seperti telor puyuh, vitamin dan lainnya
  • Jemur kenari pada pagi hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah stres
  • Selama dijemur dekatkan kedua kandang kenari jantan dan betina, supaya birahi kenari betina segera naik
  • Apabila Anda memiliki lebih dari satu pejantan bisa mencoba mendekatkan ke kenari betina untuk melihat bagaimana kecocokannya

Proses Ternak Kenari

Prosesnya yaitu dengan cara mengawinkan kedua kenari jantan dan betina ke dalam satu kandang. Namun sebelum hal tersebut dilakukan, alangkah baiknya Anda perlu tau ciri-ciri kenari siap ternak;

Ciri-ciri Burung Kenari Siap Ternak

  • Apabila burung kenari jantan didekatkan ke kenari betina, maka si jantan akan mengejar-ngejar si kenari betina dan biasanya akan menabrak kandang ternak burung kenari dengan suara yang keras.
  • Apabila kenari betina menggeleparkan sayapnya, maka pertanda si betina mau untuk dikawinkan
  • Pada sore hari akan terlihat kedua kenari jantan dan betina saling melolohkan makanan ( posisi kedua kandang berdekatan )
  • Apabila si burung kenari betina sudah mulai membangun sarang, maka bisa dipastikan si betina siap ternak.

Proses Pengeraman

Telur-telur burung kenari yang dierami sebelum menetas pada umumnya memerlukan waktu sekitar 12-14 hari bergantung pada keadaan cuaca. Oleh karenanya para peternak pada umumnya memberikan kehangatan buatan melalui cara memberikan lampu bohlam 5 wat untuk tambahan panas. Untuk proses penetasannya pada umumnya akan dilakukan secara bergantian satu telur setiap harinya. Kami sangat menganjurkan Anda untuk memisahkan indukan kenari jantan supaya tak mengganggu proses pemberian pakan oleh indukan betina. Namun demikian, apabila indukan kenari jantan tidak mengganggu maka dapat tetap kita ditempatkan di kandang.

Tidak ada aturan yang baku dalam dalam ternak kenari, namun pada umumnya persyaratan ternak kenari sudah sipendik sampaikan seperti diatas.

Demikianlah artikel peluang usaha Untung Besar Dari Bisnis Ternak Kenari yang bisa sipendik berikan. Semoga artikel kami di atas bisa menambah keberhasilan ternak kenari. Apabila masih ada hambatan dalam ternak kenari, silahkan tinggalkan komentar di bawah, sipendik akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda. Terima kasih dan semoga sukses dalam usahanya. Salam

Baca juga: Rahasia Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung

Tampilkan Komentar (18)

  • Ass malam Om, sedikit saya mau konfirmasi, saya sdh mencoba dg tips dr om yg diatas trsbt tapi kenapa ya tingkat birahi kedua burung kenari saya tdk timbul birahinya? Terimakasih Om

    • Oh iya om untuk ukuran sangkar yang cocok ukuranya berapa ke berapa terus ukuran penyimpanan sarangnya berapa cm ketinggiannya biar supaya ngeramnya nyaman? Terimakasih om saya tunggu balasan jawabannya

      • Pada umumnya kandang kenari adalah berukuran 45x45x50 cm serta dilengkapi tangkringan berdiameter 1 cm.
        Sebaiknya, kandang tidak harus terlalu besar, karena agar sang burung juga fokus pada proses perjodohan, hingga pengeraman telurnya. Selamat beternak :)

  • Om kalau betina udah bertelur pejantannya di pisah apa endak??
    Lau makan untuk ternak kenari apa ajak biar cepet bertelur?

    • # Lihat karakter pejantannya dulu om..
      selama jantan tindak menggangu tidak masalah untuk tidak dipisah...
      tapi klo pejantan'a mengganggu lebih baik di pisah om..
      # Beri makanan yang berprotein tinggi om, salah satu contohnya yg umum digunkan adalah telur puyuh..

  • Mas saya mau tanya gimana kenari saya sudah bertelur ,dan dianggremi sudah 15 hari kok belum netas juga,itu perlu berakpa lama netas nya dan gimana cara merawat burung yg sudah bertelur?terimah kasih

  • makasih mas infona
    Saya pengen tau untuk ternak kenari pada umumnya 1 pejantan bisa gk banyak betinanya.(1jantan banding 4betina).
    makasih mas

  • Alhamdulilah om kenari saya sudah berhasil netesin telor nya 3 skrng udah mau lepas sarang anak kenari nya!! Sama yg satu lagi udah nelor 2 udah 2 hari mengerami

  • Kenari saya tiga x bertelur dan menetas anakkanya selalu mati ...permasalahannya di mn yah om